Trump Dinilai Tidak Becus Memilih Pengganti Nikki Haley

Trump Dinilai Tidak Becus Memilih Pengganti Nikki Haley
Dubes AS untuk PBB Nikki Haley berbicara dalam sidang darurat Dewan Keamanan membahas krisis nuklir Semenanjung Korea, Senin (4/9). Foto: AP

jpnn.com, JAKARTA - Nikki Haley baru akan meletakkan jabatannya sebagai duta besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB pada akhir tahun ini. Namun, Presiden Donald Trump sudah punya penggantinya.

Nama Heather Nauert muncul dalam bursa pengganti Haley. Belakangan, pamor perempuan 48 tahun itu memang naik.

Santernya rumor bahwa Nauert akan menjadi duta besar AS untuk PBB berikutnya langsung melahirkan kontroversi. "Heather Nauert tidak punya pengalaman, ilmu, atau keinginan untuk belajar diplomasi," kritik Brian Dixon, wakil presiden Population Connection Action Fund, sebagaimana disampaikan kepada CNN.

Menurut dia, Nauert hanya akan menjadi pembela Trump dalam forum PBB. Dia tidak akan benar-benar mewakili rakyat AS, tapi hanya mewakili sang penguasa Gedung Putih.

Namun, penunjukan Nauert tidak sepenuhnya menjadi otoritas Trump. Nauert tetap harus mendapatkan restu Senat. Prosesnya kurang lebih sama dengan Brett Kavanaugh saat hendak menjabat hakim agung.

Nauert memang tidak punya pengalaman di dunia diplomasi. Dia lebih dikenal sebagai jurnalis. Sejak 1996, dia bertualang di berbagai media. Termasuk, stasiun TV favorit Trump, Fox News. (bil/c11/hep)


Nikki Haley baru akan meletakkan jabatannya sebagai duta besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB pada akhir tahun ini. Namun Trump sudah punya penggantinya


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News