Tsunami Datang, Pesta Halloween Buyar

Tsunami Datang, Pesta Halloween Buyar
Tsunami Datang, Pesta Halloween Buyar
SAAT wilayah Karibia dan pantai timur Amerika diterpa badai dahsyat, gempa besar juga mengguncang pantai barat Kanada Sabtu malam (27/10) waktu setempat atau kemarin pagi WIB (28/10). Saking kuatnya getaran gempa tersebut, gelombang tsunami tak hanya terjadi di Kanada. Tapi, juga di Kepulauan Hawaii, AS, yang berjarak ribuan kilometer dari pusat gempa di Queen Charlotte Islands, pantai barat Kanada.

"Tsunami mulai tiba saat ini," ujar Gerard Fryer, pakar geofisika senior kepada wartawan, Sabtu (27/10) malam lalu. "Ia (tsunami, Red) datang saat kita berbincang," tambahnya.

 

Saat gelombang air laut pasang tersebut tiba, di Hawaii sebetulnya sedang berlangsung pesta Halloween di banyak tempat. Pesta pun langsung terhenti dan buyar. Restoran dan bar berubah menjadi kosong. Sebaliknya, jalan raya dan jalan tol segera penuh kendaraan yang ingin menjauh dari wilayah sekitar pantai di Kepulauan Hawaii.

 

Tayangan televisi dari Pulau Oahu (pulau terbesar ketiga di Kepulauan Hawaii) memperlihatkan gelombang pasang air laut dalam skala relatif kecil bergerak ke arah pantai. Namun, Fryer meminta agar warga Hawaii tidak terlena atau terkecoh gambar di televisi. "Biasanya, gelombang (tsunami) pertama bukanlah yang terbesar," tuturnya.

SAAT wilayah Karibia dan pantai timur Amerika diterpa badai dahsyat, gempa besar juga mengguncang pantai barat Kanada Sabtu malam (27/10) waktu setempat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News