Tumbuhkan Nasionalisme di Hari Pahlawan

Tumbuhkan Nasionalisme di Hari Pahlawan
Edhie Baskoro Yudhoyono. Foto: Ist/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono mengatakan Hari Pahlawan yang diperingati 10 Nopember perlu dijadikan ajang untuk menumbuhkan nasionalisme dan jiwa patriotik. Semangat yang dimiliki para pahlawan ketika berjuang merebut kemerdakaan harus ditularkan di berbagai peran dalam bidang-bidang pembangunan.

“Kita harus membumikan rasa nasionalisme dan membangkitkan jiwa patriotik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mulailah yang terkecil, membangun semangat gotong royong di lingkungan kita masing-masing agar kebersamaan terus terjaga,” kata pria yang karib disapa Ibas di Jakarta, Minggu (10/11).

Ibas menilai esensi memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2013 terletak pada rasa kebersamaan dan solidaritas seperti yang telah ditunjukkan melalui perjuangan para pahlawan bangsa.

“Yang terpenting dalam memperingati Hari Pahlawan terletak pada esensinya, yakni untuk meningkatkan solidaritas dan kebersamaan melalui rasa nasionalisme, patriotisme, dan semangat perjuangan,” jelas Ibas di Jakarta.

Bagi Ibas, perkembangan era globalisasi dan modernisasi berpotensi mengikis nilai-nilai dan semangat juang seperti yang dimiliki para pahlawan bangsa. Untuk itu, lanjut Ibas spirit kebersamaan dan seperjuangan harus selalu melekat di setiap bidang pembangunan agar tidak terkikis dengan perkembangan zaman.  

Putra bungsu Presiden SBY ini lantas mengingatkan, semarak peringatan Hari Pahlawan sebaiknya diisi dengan kegiatan-kegiatan positif yang menumbuhkan solidaritas anak bangsa dalam meneruskan cita-cita perjuangan para pahlawan dan membangun bangsa di segala bidang.

“Dengan menjaga solidaritas dan persatuan bangsa, artinya kita mengapresiasi pengorbanan para pejuang bangsa yang telah gugur untuk bangsa dan negara," pungkasnya. (awa/jpnn)


JAKARTA – Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono mengatakan Hari Pahlawan yang diperingati 10 Nopember perlu dijadikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News