UI Jamin Objektivitas Seleksi CPNS di Sumbar

UI Jamin Objektivitas Seleksi CPNS di Sumbar
UI Jamin Objektivitas Seleksi CPNS di Sumbar
DEPOK - Kepala Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI), Dr Sonny Harry B Harmady, menegaskan bahwa kerjasama tujuh kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar) beserta Pemprov Sumbar dengan lembaganya dalam menyeleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), dijamin objektivitasnya. "Kami menjamin objektivitas hasil ujian CPNS di Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan tujuh kabupaten/kota yang bekerjasama dengan Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi UI," tegas Sonny, saat presentasi Sistem Rekrutmen CPNS Sumbar, di Kampus UI Depok, Jumat (3/12).

Dipaparkan Sonny, kerjasama dalam menyeleksi CPNS ini, awalnya merupakan permintaan langsung dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, kepada Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri. "Gubernur sangat berharap, (prinsip) objektif, integritas, kejujuran dan bersih dari aroma KKN, harus ditegakkan dalam seleksi CPNS. Karena itu, Gubernur meminta agar UI ambil bagian dalam proses seleksi ini," kata Sonny.

Hal tersebut pun dibenarkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumbar, Jayadisman. Menurut dia, tahun-tahun sebelumnya, Pemprov Sumbar menggandeng Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai mitra seleksi penerimaan CPNS untuk mengisi formasi yang tersedia di Kantor Gubernur. "Benar. Tahun-tahun sebelumnya kita kerjasama dengan UNP. Tapi (untuk) penerimaan CPNS tahun ini, Gubernur minta agar BKD Provinsi menggandeng UI sebagai mitra kerja seleksi CPNS. Jadi bukan atas dasar permintaan UI, tapi kita yang menawarkannya, sesuai dengan permintaan Gubernur," tegasnya.

Menjawab pertanyaan, apakah selama menggandeng UNP telah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti adanya dugaan KKN, Jayadisman menegaskan bahwa tidak ada dugaan KKN dalam penerimaan CPNS sebelumnya. "Kerjasama dengan UNP selama ini sudah cukup baik dan akuntabel. Tapi, ini kan ada permintaan Gubernur. Makanya kita bekerjasama dengan Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi UI ini," tegasnya.

DEPOK - Kepala Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI), Dr Sonny Harry B Harmady, menegaskan bahwa kerjasama tujuh kabupaten/kota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News