Undian Bagi Pemetik Stroberi Selamatkan Industri Ini di Queensland di Tengah Pandemi COVID-19

Undian Bagi Pemetik Stroberi Selamatkan Industri Ini di Queensland di Tengah Pandemi COVID-19
Para finalis untuk mendapatkan hadiah uang berasal dari berbagai kalangan.  (Supplied: aONE MEDIA)

Para peteni stroberi di Queensland mengatakan bahwa kompetisi untuk memberi hadiah uang bagi pemetik buah telah menyelamatkan hasil panen mereka tahun ini.

Setiap musimnya, negara bagian Queensland memproduksi sekitar 42 persen dari hasil produk stroberi Australia setiap tahunnya, dengan nilai industri keseluruhan adalah $AUD 435 juta tahun lalu.

Namun dengan penutupan perbatasan internasional karena COVID-19,  para petani menghadapi kesulitan mendapatkan para pekerja guna memastikan bahwa tanaman yang mudah rusak ini bisa dipanen tepat waktu.

Jane Richter manajer pemasaran Asosiasi Petani Stroberi Queensland (QSGA) kemudian muncul  dengan ide untuk memberikan undian total bernilai Rp1 miliar kepada 10 orang yang mau bekerja sebagai pemetik buah.

"Ketika saya menyampaikan ide ini kepada tim eksekutif bulan Februari lalu, hampir semua yang hadir ternganga tidak percaya dengan ide ini," kata Richter sambil tertawa.

Namun kemudian ada 5 ribu orang yang mendaftar untuk bekerja dan kemudian 2500 orang betul-betul menjadi pemetik stroberi, konsep ini sekarang memetik hasilnya.

"Seluruh perkebunan stroberi yang saya tanyai mengatakan promosi yang kami adakan membuat mereka bisa memproduksi lahan dan memanen, sesuatu yang sebelumnya mereka sangat khawatir tidak bisa dilakukan," kata Richter lagi.

Semakin lama seorang pekerja berada di sebuah perkebunan, maka dia akan menjadi lebih banyak poin untuk dimasukkan ke dalam undian, dengan 10 orang akhirnya dipilih sebagai pemenang yang dipilih oleh komputer.

Para peteni stroberi di Queensland mengatakan bahwa kompetisi untuk memberi hadiah uang bagi pemetik buah telah menyelamatkan panenan mereka tahun ini

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News