Unhan Peringati Hari Bela Negara Di Atas Kapal Perang

Unhan Peringati Hari Bela Negara Di Atas Kapal Perang
Ratusan mahasiswa-mahasiswi Universitas Pertahanan (Unhan) antri menaiki KRI Tanjung Kambani 971 untuk melaksanakan upacara tabur bunga dalam rangka memperingati Hari Bela Negara, Senin (19/12). FOTO: Dispen Kolinlamil

jpnn.com - JAKARTA - Mahasiswa dari Universitas Pertahanan (Unhan) dan prajurit KRI Tanjung Kambani-971 melaksanakan peringatan Hari Bela Negara di atas geladak KRI Tanjung Kambani-971, Senin (19/12).

Dalam peringatan ini, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unhan Brigjen TNI Tamzil bertindak selaku inspektur upacara.

Sambil berlayar dengan menggunakan KRI Tanjung Kambani-971 dari Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara menuju perairan Teluk Jakarta melaksanakan upacara Tabur Bunga di laut dalam rangka memperingati Hari Bela Negara.
 
Hari bela Negara diperingati setiap tanggal 19 Desember. Penetapan ini melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 28 Tahun 2006 tentang Hari Bela Negara.

Dalam upacara tersebut, inspektur upacara melarungkan karangan bunga ke laut dan diikuti oleh peserta upacara lainnya. Penaburan bunga ke laut ini untuk memperingati perjuangan para pahlawan bangsa yang telah gugur berjuang di laut.

Unhan Peringati Hari Bela Negara Di Atas Kapal Perang

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unhan Brigjen TNI Tamzil

Selesai melaksanakan upacara Tabur Bunga, para mahasiswa ini mendapat pembekalan dari perwira KRI Tanjung Kambani-971 menambah wawasan tentang kapal perang yaitu Safety Briving tentang tatacara penggunaan Sweempes hingga peran peninggalan kapal dengan menggunakan Left kraft, persenjataan yang dimiliki Kapal Perang TNI Angkatan Laut.

Selanjutnya pembekalan mengenai masalah kebaharian, navigasi laut, dunia kemaritiman serta masalah kewajiban bela Negara bagi setiap warga Negara Indonesia.
 
Pada kesempatan tersebut, para mahasiswa mendapat penjelasan tentang tugas pokok Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) sebagai Pembina Angkutan Laut Militer dan Pembina Angkutan Laut Nasional. Juga menyaksikan tayang visualisasi tentang profil Kolinlamil dan tugas-tugas yang telah dilaksanakan Kolinlamil.
 
Komandan KRI Tanjung Kambani-971, Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian selaku pemimpin pelayaran upacara Tabur Bunga peringatan Hari Bela Negara kepada para mahasiswa memberikan keleluasaan untuk mengenal lebih banyak tentang kapal perang dan hal-hal yang terkait  kemaritiman. Termasuk asal usul KRI Tanjung Kambani-971 dan misi-misi operasi yang pernah dan telah dilaksanakan.

JAKARTA - Mahasiswa dari Universitas Pertahanan (Unhan) dan prajurit KRI Tanjung Kambani-971 melaksanakan peringatan Hari Bela Negara di atas geladak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News