Universitas Terbuka Gratiskan Biaya Kuliah Mahasiswa NTB

Universitas Terbuka Gratiskan Biaya Kuliah Mahasiswa NTB
Rektor Universitas Terbuka Prof Ojat Darojat. Foto: Mesya Mohamad/JPNN.com

jpnn.com, TANGSEL - Bencana gempa yang menimpa masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi perhatian Universitas Terbuka (UT). Tercatat ada 77 mahasiswa dari NTB yang kuliah di UT.

Dalam rangkaian Dies Natalis ke-34, UT menggratiskan biaya kuliah ke-77 mahasiswa tersebut. Mereka tersebar di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Tengah, Kota Mataram, dan Kabupaten Sumbawa.

Rektor UT Prof Ojat Darojat mengungkapkan, kebijakan tersebut diambil untuk meringankan beban mahasiswa. "Mereka dibebaskan tidak bayar uang kuliah selama dua semester. Jadi mereka tetap bisa terus kuliah," ujar Prof Ojat di Kampus UT, Rabu (5/9).

Dia berharap, masyarakat NTB bisa segera pulih dari trauma pascagempa. Demikian juga mahasiswa UT asal NTB diminta tetap semangat menuntut ilmu.

"Mahasiswa UT di Lombok dan sekitarnya jangan pernah menyerah menuntut ilmu. Harta bisa dicari dengan ilmu yang dimiliki," ucapnya.

Prof Ojat menyebutkan, tahun ini UT menerima dana beasiswa dari tiga BUMN. Yaitu Bank Mandiri Rp 1,2 miliar, BRI sebesar Rp 3,6 miliar, dan BTN sebabyak Rp 2,84 miliar. Dana tersebut akan dialokasikan untuk mahasiswa UT yang berprestasi. (esy/jpnn)


Universitas Terbuka menggratiskan biaya kuliah mahasiswa asal NTB selama dua semester, terkait gempa Lombok.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News