Rabu, 21 Agustus 2019 – 10:05 WIB

Unsri Genjot Prodi Miliki Akreditasi

Selasa, 06 November 2012 – 10:38 WIB
Unsri Genjot Prodi Miliki Akreditasi - JPNN.COM

PALEMBANG – Menggenjot setiap program studi (prodi) yang ada untuk memiliki akreditasi A, setidaknya langkah ini diambil Universitas Sriwijaya (Unsri) terus melakukan terobosan untuk meningkatkan kinerja dan mutu lulusan. Hal ini ditegaskan rektor Unsri, Prof Dr Badia Perizade MBA, melalui pembantu rektor I, Dr Ir H Anis Saggaff  MSCE, kepada wartawan koran ini, Senin (5/11).

Menurutnya, setiap prodi yang ada di Unsri wajib memiliki akreditasi. Jika tidak, tentunya tak bisa menamatkan (mewisuda,red) mahasiswa. “Dari 88 prodi di Unsri, yang sudah  mengantongi akreditasi A mencapai 40 persen, akreditasi B mencapai 50 persen, dan akreditasi C mencapai 10 persen. Kami terus berupaya melakukan pendampingan dan pembinaan bagi setiap prodi yang ada di fakultas untuk mampu memiliki akreditasi A. Sedangkan yang sudah mencapai akreditasi A, untuk terus bertahan,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk memperoleh akreditasi, dilakukan penilaian institusi kinerja maupun kelengkapan data, keperluan administrasi, mendengarkan paparan, wawancara, pengolahan data yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). “Biasanya ada tim dari BAN-PT yang melakukan penilaian secara langsung,” terangnya.

Selain itu, sambungnya, Unsri juga terus memberikan pelatihan bagi prodi-prodi, memanggil narasumber, dan melakukan pendampingan supaya dari C naik ke B. Sedangkan  B, naik ke A, dan yang berada di level A dapat bertahan. “Unit penjaminan mutu ini langsung berada di bawah arahan rektor dan pembantu rektor satu,” jelasnya.

Selama ini, ia mengaku, persiapan akreditasi hingga menjelang akreditasi berikutnya sangat menguras tenaga. Pasalnya, semua berkas dan data harus dikumpulkan. Bahkan terkadang, kendala inilah yang sulit dilakukan, contohnya  mengumpulkan bahan dari dosen, seperti bahan ajar, buku, draf, jurnal, dan lainnya.

Mulai tahun ini, dilakukan perubahan sistem, dimana setiap prodi dilakukan pendampingan  dalam menjamin mutu, yakni setiap akhir semester dilakukan pengumpulan data  dan persiapan formulir oleh prodi-prodi, baik untuk persiapan akreditasi maupun untuk akreditasi berikutnya. “Upaya ini untuk meringankan dalam pengumpulan data. Sedangkan data yang terkumpul, harus dilengkapi dengan data digital,” cetusnya. (nni/ce4)
SHARES
TAGS   unsri akreditasi
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar