Upaya Andreas Satukan Organisasi Kepemudaan Banjir Dukungan

Upaya Andreas Satukan Organisasi Kepemudaan Banjir Dukungan
Raden Andreas (berkacamata) ingin menyatukan organisasi kepemudaan. Foto: KNPI

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) mengapresiasi langkah Ketua Umum KNPI terpilih hasil Kongres XVI Lombok Andreas Nandhiwardana yang ingin menyatukan organisasi kepemudaan agar melebur jadi satu.

Ketua Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Arjuna Putra Aldino mengaku mendukung penuh langkah Andreas dalam rangka menyatukan organisasi tersebut.

"Kami berharap seluruh elemen-elemen OKP bersama-sama bersatu untuk memajukan pemuda Indonesia sebagai,” ujar Arjuna Putra Aldino, Jumat (24/9).

Pakar komunikasi politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing juga mengapresiasi langkah penyatuan organisasi KNPI itu.

Menurut dia, dalam konteks organisasi apapun harus dapat menyatukan kekuatan.

“Meski ada perbedaan itu hal yang wajar, namun itu sifatnya hanya dialektis. Jangan sampai perbedaan itu meniadakan satu dengan yang lain atau menyerang kelompok satu dengan yang lain,” kata Emrus.

Menurut Emrus, membangun suatu organisasi harus butuh kekuatan dan dukungan dari semua elemen. Karena bila sudah terjadi perpecahan maka sulit menyatukan pandangan.

“Oleh karenanya saya sepakat bahwa penyatuan KNPI dalam konteks kebersamaan hal mutlak untuk dilakukan. Akan tetapi tidak boleh meniadakan dialektika,” ujar dia.

Upaya Andreas yang ingin menyatukan organisasi kepemudaan mendapat dukungan dari banyak pihak.