UPZ Pupuk Kaltim Salurkan Beasiswa Cendekia Rp 1,2 Miliar

UPZ Pupuk Kaltim Salurkan Beasiswa Cendekia Rp 1,2 Miliar
Unit Pengumpul Zakat PT Pupuk Kalimantan Timur (UPZ Pupuk Kaltim) menyalurkan Program Beasiswa Cendekia untuk 273 mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang. Foto dok PKT

jpnn.com, KALIMANTAN TIMUR - Unit Pengumpul Zakat PT Pupuk Kalimantan Timur (UPZ Pupuk Kaltim) kembali menyalurkan Program Beasiswa Cendekia untuk  273 mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang.

Beasiswa diserahkan secara simbolis oleh Ketua UPZ Pupuk Kaltim Nur Sahid, kepada perwakilan peserta penerima manfaat di Hotel Grand Equator Bontang, Sabtu (26/11).

Penyerahan Beasiswa Cendekia turut dihadiri Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman yang juga sebagai penasehat UPZ Pupuk Kaltim, Direktur Bidang Pengumpulan Baznas RI Faisal Qosim, Wali Kota Bontang melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, serta stakeholder terkait lainnya.

Beasiswa Cendekia merupakan wujud pendayagunaan zakat melalui peningkatan kompetensi dan keterampilan masyarakat, yang sejalan dengan Peraturan Baznas RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat.

Seluruh penerima Program Beasiswa Cendekia periode ini merupakan warga Bontang yang tersebar di 15 kelurahan, dengan total manfaat senilai Rp 1,2 Miliar.

Para penerima merupakan mahasiswa aktif yang kini tengah menempuh perkuliahan di 46 perguruan tinggi negeri dan swasta Indonesia. Seluruhnya telah melalui proses verifikasi berupa tes dan survei menggunakan tools Had Kifayah sesuai rekomendasi Baznas RI, serta mekanisme syarat sesuai prinsip '3A' yakni Aman Syar'i, Aman Regulasi dan Aman NKRI.

"Penyaluran beasiswa pun terbagi dalam empat kategori penerima, masing-masing beasiswa Stimulan Belajar bagi 217 mahasiswa, kategori Tugas Akhir untuk 32 mahasiswa, kategori Hafidz Qur'an 18 mahasiswa dan kategori Prestasi Juara 5 mahasiswa," ujar Nur Sahid.

"Para penerima beasiswa UPZ Pupuk Kaltim merupakan mahasiswa yang belum pernah atau tidak terakomodasi pada program beasiswa Pemerintah. Sehingga penyaluran dipastikan tepat sasaran sesuai manfaat, dengan serangkaian seleksi dan verifikasi langsung di lapangan," tambah Nur Sahid.

Beasiswa Cendekia merupakan salah satu program unggulan UPZ Pupuk Kaltim dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia di Kota Bontang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News