Usia Anda Memasuki 40 Tahun? Jangan Lupa Periksa Jantung ya

Usia Anda Memasuki 40 Tahun? Jangan Lupa Periksa Jantung ya
Sakit jantung. Foto : Pixabay

jpnn.com - AHLI jantung Dr. Dyana Dyana Sarvasti dr., SpJP (K) mengimbau orang yang sudah memasuki usia 40 tahun ke atas sebaiknya melakukan pemeriksaan kondisi jantung.

Pasalnya, penyakit jantung koroner  yang diderita biasanya tidak diketahui penyebab awalnya.

"Untuk laki-laki 40 tahun dan untuk perempuan 45 tahun sebaiknya periksa kondisi kesehatan jantung mereka," katanya usai ujian terbuka gelar doktor di Universitas Airlangga Surabaya.

BACA JUGA : Hindari Penyakit Jantung dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Dia menjelaskan, pun demikian dengan seorang pelari marathon sebaiknya melakukan pemeriksaan jantung untuk mengetahui kemampuan jantungnya bekerja dengan baik atau tidak.

"Pelari marathon sebaiknya didahului dengan pemeriksaan jantung. Terlebih kepada kepada mereka yang sempat menderita penyakit jantung, harus dengan pelatihan yang tepat," katanya.

Dyana menuturkan, penderita penyakit jantung koroner sebenarnya masih bisa berolahraga dengan intensitas tinggi, asalkan disertai dengan pengawasan yang benar dari tim medis.

"Karena kalau dilatih dengan cara yang benar dan tepat, maka penderita jantung koroner bisa melakukan aktifitas, termasuk olahraga yang berat," katanya.

Untuk laki-laki 40 tahun dan untuk perempuan 45 tahun sebaiknya periksa kondisi kesehatan jantung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News