Vaksinasi COVID-19 di Mana-Mana, Bagaimana dengan Warga Perbatasan Indonesia-Timor Leste?

Vaksinasi COVID-19 di Mana-Mana, Bagaimana dengan Warga Perbatasan Indonesia-Timor Leste?
Warga berjalan melintasi Jembatan Air Mata di perbatasan Indonesia dan Timor Leste di Mota Ain-Batu Gade. Foto: ANTARA/Genta Tenri Mawangi

jpnn.com, KUPANG - Sekitar 50 orang warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di daerah perbatasan Indonesia-Timor Leste di kota Oecusse telah mengikuti program vaksinasi COVID-19 pada Senin (28/6).

Sebanyak 36 WNI mendaftarkan diri ke Kantor Penghubung KBRI Dili di Oecusse dengan membawa paspor dan tertib mengantre untuk divaksin, dan 14 orang lainnya divaksin di tempat terpisah, demikian menurut keterangan dari KBRI Dili yang diterima di Jakarta, Selasa.

"Berkoordinasi dengan Pemerintah Timor-Leste khususnya Pemda Kota Oecusse, dan WHO Timor-Leste, KBRI Dili berupaya agar WNI di perbatasan terutama yang berdomisili di kota di Timor-Leste yang berbatasan darat dengan Nusa Tenggara Timur mendapat vaksin COVID-19," kata Marya Onny Silaban, Kepala Kantor Penghubung KBRI Dili di Oecusse.

"Timor-Leste berbatasan darat dengan NTT sepanjang 268,8 kilometer. Para petugas pengamanan perbatasan kedua negara melakukan pengamanan ekstra ketat di sepanjang perbatasan untuk mencegah perlintasan ilegal yang berpotensi mentransmisikan virus COVID-19 lintas batas," lanjutnya.

Menurut dia, upaya KBRI Dili untuk membantu vaksinasi warga Indonesia yang tinggal di daerah perbatasan merupakan wujud pelayanan publik dan perlindungan WNI agar dapat imun dari COVID-19.

"Keikutsertaan WNI pada program vaksinasi COVID-19 di Timor Leste ditujukan untuk membentuk kekebalan komunal yang lebih luas di perbatasan dua negara ini," ujarnya.

Sebelum vaksinasi dimulai, para vaksinator merespon berbagai pertanyaan peserta program vaksinasi, mengenai efikasi vaksin, makanan yang harus dihindari setelah vaksin, keberlakuan kartu vaksin.

Secara umum tidak ada kendala yang dialami selama vaksin, namun beberapa WNI memiliki riwayat hipertensi, hipotensi dan autoimun.

Pemerintah tengah menggencarkan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat umum, warga di perbatasan Indonesia-Timor Leste sudah tersentuh program ini

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News