Vaksinasi untuk Orang Dewasa

Vaksinasi untuk Orang Dewasa
Vaksinasi untuk Orang Dewasa
JAKARTA- Selama ini orang dewasa beranggapan sudah tidak memerlukan vaksin lagi. Dengan anggapan, kekebalan tubuhnya sudah terbentuk. Aggapan ini ternyata salah. "Orang dewasa tetap memerlukan vaksin, demi menghindari terjangkitnya penyakit inveksi berbahaya dan menular. Dengan vaksin, sistem kekebalan tubuh bisa terbentuk dengan sempurna," kata Ketua Satgas Imunisasi dewasa Dr. Samsuridjal Djauzi, kepada wartawan di Jakarta, Minggu (21/2).

Samsuridjal yang juga ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI) menegaskan, tidak benar jika kekebalan tubuh orang dewasa sudah terbentuk dengan sempurna karena sudah pernah melakukan vaksinasi pada masa kanak-kanaknya. "Orang dewasa sangat memerlukan vaksinasi terutama untuk menghindari dari penyakit-penyakit infeksi berbahaya dan menular," katanya.

Lebih jauh, Samsuridjal menjelaskan, vaksinasi bisa berdampak besar bagi masyarakat karena dapat mengurangi biaya pengobatan. "Melalui vaksinasi juga bisa menghindari cacat permanen akibat suatu penyakit," ujarnya.

Selama ini, vaksinasi untuk orang dewasa memang kurang mendapatkan perhatian. Terutama di Indonesia. Hal itu, menurut Samsuridjal, akibat kurangnya informasi betapa pentingnya vaksin itu. Selain itu, layanan untuk vaksinasi juga belum efektf dan masih sangat terbatas.

JAKARTA- Selama ini orang dewasa beranggapan sudah tidak memerlukan vaksin lagi. Dengan anggapan, kekebalan tubuhnya sudah terbentuk. Aggapan ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News