Varian Baru Corona B117-UK, Kemenkes Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Varian Baru Corona B117-UK, Kemenkes Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan
Ilustrasi Vaksin Covid-19. Foto: Daily Sabah

jpnn.com, JAKARTA - Varian baru virus corona B117-UK yang pertama kali muncul di Inggris sudah masuk ke Indonesia.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan meskipun pemerintah tengah mempercepat vaksinasi Covid-19.

Kemenkes sudah membuat langkah-langkah mencegah penyebaran mutasi virus corona B117-UK tersebut.

"Tentunya penguatan 3M (protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Deteksi dini dengan penguatan testing, peningkatan pelacakan kasus dan isolasi," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kemenkes Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Rabu (3/3).

Siti Nadia menjelaskan vaksin yang sekarang digunakan pemerintah masih efektif untuk mencegah penularan mutasi virus corona B117-UK tersebut.

Meski pemerintah sedang mempercepat vaksinasi, Siti Nadia berharap masyarakat juga makin meningkatkan kewaspadaan.

Siti Nadia menjelaskan satu-satunya cara untuk mencegah penularan virus adalah dengan protokol kesehatan 3M plus menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.

"Virus ini lebih cepat menular, tetapi tidak menyebabkan bertambah parahnya penyakit," ujar Siti Nadia.

Epidemiolog Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada dr Riris Andono Ahmad juga mengatakan masyarakat harus merespons mutasi virus corona dengan pengetatan penerapan protokol kesehatan.

"Tetap melakukan '5M' dengan konsisten," ucap Riris.

Pakar epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono menilai masyarakat harus mengetahui di mana kasus mutasi virus itu ditemukan.

"Kan cuma dua kasus. Pemerintah harus memberitahu supaya hati-hati," kata Tri Yunis.

Menurut dia, pemerintah harus segera mengisolasi warga yang terkena mutasi virus itu, kemudian melakukan kontak tracing terhadap kasus tersebut. Semua orang yang sempat berhubungan dengan dua pasien harus diperiksa.

Pemeriksaan genetik juga penting. Kalau sudah dianggap menyebar, segera lakukan pembatasan sosial terhadap masyarakat di sekitar itu.

Tri Yunis, mengatakan masyarakat tidak perlu panik berlebihan. "Masyarakat jangan terburu-buru panik. Tunggu hasil investigasi kasus oleh pemerintah," ujar Tri Yunis. (antara/jpnn)

Siti Nadia menjelaskan vaksin yang sekarang digunakan pemerintah masih efektif untuk mencegah penularan mutasi virus corona B117-UK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News