Viral Video Karyawan Tak Dibayar Gaji Lemburnya, Kemnaker Bergerak

Viral Video Karyawan Tak Dibayar Gaji Lemburnya, Kemnaker Bergerak
Dirjen Binwasnaker dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Haiyani Rumondang. Foto: Dok Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah video viral pekerja yang tidak dibayar gaji lemburnya di PT SAI Apparel Idustries di Grobogan, Jawa Tengah.

Menanggapi hal itu, Pengawas Ketenagakerjaan Disnakertrans Jawa Tengah, Mediator Hubungan Industrial Disnaker Grobogan, dan Polres Grobogan memeriksa perusahaan tersebut pada Jumat (3/2).

Dirjen Binwasnaker dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Haiyani Rumondang membeberkan hasil pemeriksaan Tim di lapangan, benar terjadi ada adu mulut antara pekerja a.n Erma dengan TKA asal India a.n Shaji.

"Pihak TKA telah meminta maaf dan selanjunnya akan dipanggil Polres Grobogan. Sementara pekerja menyatakan akan menghormati peraturan perusahaan yang berlaku," kata Haiyani melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, Sabtu (4/3).

Menurutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan juga didapati adanya pelanggaran terhadap pembayaran upah lembur yang terjadi sejak September 2022.

"Pihak perusahaan sudah menyatakan akan membayar kekurangan upah lembur tersebut, terhitung 5-6 hari sejak hari pemeriksaan," jelasnya.

Haiyani menegaskan perusahaan harus mematuhi aturan perundang-undangan yang berlaku, serta akan diterbitkan Nota Pemeriksaan oleh Pengawas Ketenagakerjaan.

"Agar kejadian serupa tidak terjadi baik di perusahaan bersangkutan maupun perusahaan lainnya, kami meminta semua pihak untuk mengedepankan dialog sosial manakala ada masalah ketenagakerjaan di lingkungan kerjanya," pungkas Haiyani. (jpnn)

Sebuah video viral pekerja yang tidak dibayar gaji lemburnya di PT SAI Apparel Idustries di Grobogan, Jawa Tengah.


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News