Minggu, 18 November 2018 – 00:50 WIB

Wagub Minta Perantau Gunakan Bahasa Minang

Jumat, 08 Februari 2013 – 03:01 WIB
Wagub Minta Perantau Gunakan Bahasa Minang - JPNN.COM

BOGOR - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Muslim Kasim minta keluarga besar Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) tetap menggunakan Bahasa Minang di internal keluarganya masing-masing dan dalam berbagai pertemuan PKDP.

Penggunaan Bahasa Minang di keluarga dan berbagai pertemuan PKDP menurut Muslim Kasim sangat diperlukan untuk menjaga kelestarian budaya bangsa.

"Saya minta gunakan Bahasa Minang di internal keluarga dan pertemuan PKDP sebagai upaya memelihara Bahasa Minang," kata Muslim Kasim, saat membuka Musyawarah Besar (Mubes) IV Persatuan Keluarga  Daerah Piaman (PKDP) di Wisma Tugu, Puncak, Bogor Jawa Barat, Kamis (7/2).

Bahasa, lanjutnya, adalah kekayaan budaya bangsa dan perlu terus dilestarikan agar orang Piaman sebagai orang Minang tidak tercerabut dari akar budayanya sendiri. 

Ditegaskannya, sebagai Ormas, PKDP sudah jauh lebih maju ketimbang organisasi Minang lainnya yang ada di rantau. Selain sudah terdaftar di pemerintah pusat, PKDP juga cukup mengakar di mana-mana di Indonesia dan bahkan di luar negeri.

Meski begitu, Wagub mengingatkan agar warga PKDP yang ada diperantauan untuk selalu membina silaturahim dengan warga sekitar. "Kalau di rumah, Bahasa Minang saja," ujar mantan Bupati Padang Pariaman itu di hadapan 300 peserta Mubes yang datang dari DPC, DPD, DPW seluruh Indonesia dan DPP PKDP Jakarta.

Selain itu, sebagai putra Pariaman, Muslim Kasim juga meminta PKDP untuk ikut menyiapkan kader terbaik dari Pariaman untuk menjadi Gubernur Sumatera Barat di masa mendatang. "Selama ini orang Piaman selalu tampil, ke depan, kita juga berharap Piaman tetap mewarnai Sumatera Barat," harapnya.

Sementara Ketua Umum PKDP 2008-2013, Suhatmansyah Is dalam sambutannya mengatakan bahwa Mubes IV kali berbeda dengan Mubes sebelumnya yang selalu digelar di kampung halaman. Tapi sekarang ini diadakan di Puncak dan dekat dengan ibukota negara. "Ini untuk penyegaran bagi pengurus PKDP yang berdatangan dari berbagai daerah," katanya.

Dia juga berharap selain membicarakan program kerja lima tahun ke depan, Mubes ini juga mampu memilih Ketua Umum DPP PKDP yang lebih baik, sehingga perjalanan PKDP ke depan bisa makin mantap, baik dalam memacu partisipasi perantau ke kampung halaman maupun dalam memajukan anggota PKDP yang ada di rantau dalam berbagai profesi.

Hadir dalam pembukaan Mubes antara lain Walikota Pariaman Mukhlis R, Walikota Padang Fauzi Bahar dan bakal calon Wakil Walikota Pariaman DR Genius Umar. (fas/jpnn)
SHARES
TAGS   perantau minang
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar