Wakil Ketua MPR Rayakan Cap Go Meh di Pontianak

Wakil Ketua MPR Rayakan Cap Go Meh di Pontianak
ILUSTRASI. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - PONTIANAK – Masyarakat Kota Pontianak khususnya dan Kalimantan Barat pada umumnya pada Senin 22 Februari 2016 tumpah ruah di sepanjang Jalan Gajah Mada, Pontianak, Kalimantan Barat.

Sejak pukul 13.00 mereka sudah berada di kanan kiri jalan di daerah pecinan itu. Mereka rela berdesak-desakan karena untuk menikmati karnaval dalam rangka perayaan Cap Go Meh, Imlek 2567.

Dalam perayaan Cap Go Meh yang digelar mulai tanggal 20 hingga 23 Februari itu, dalam karnaval ada 13 replika naga, liong, yang mempunyai panjang di antaranya hingga 100 meter. Tak hanya replika naga, 20 barongsai juga menyemarakkan karnaval yang diadakan setiap tahun itu. Menurut panitia, karnaval itu diselenggarakan selain untuk melestarikan budaya, menjaga persatuan di antara masyarakat, juga untuk mendukung program pariwisata Kota Pontianak.

Menurut panitia, dalam rangka Cap Go Meh, telah dilakukan pemasangan lampu sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Diponegoro. Lampu lampion itu jumlahnya mencapai 2500 buah. Pada malam hari juga akan digelar pentas naga langit. Ditegaskan kembali oleh panitia bahwa kegiatan itu dilakukan untuk mempromosikan Kalimantan Barat ke dunia supaya dapat meningkatkan kunjungan wisata.

Dalam sambutan, Wali Kota Pontianak Tarmidzi menuturkan bahwa karnaval Cap Go Meh tahun ini lebih meriah dibanding tahun lalu. Buktinya dikatakan oleh Tarmidzi, tahun sebelumnya replika naga hanya ada 9. Dikatakan bahwa pada tahun ini juga ada pertunjukkan naga langit di malam hari.

Diungkapkan bahwa karnaval Cap Go Meh bisa berlangsung karena ada kebersamaan di masyarakat Pontianak. Menurutnya kebersamaan itu harus dijaga. Ini penting sebab bila masyarakat kondusif maka perekonomian bisa berkembang.

Investor akan menanamkan investasi yang paling pertama dilihat adalah soal kondusifitas masyarakat. "Masyarakat Pontianak bisa bersatu sehingga bisa terjaga suasana kondusif," ujarnya.

Wakil Ketua MPR, Oesman Sapta, yang juga putra daerah Kalimantan Barat dalam sambutan mengatakan kita merayakan karnaval Cap Go Meh. Menurutnya, ini pawai terbesar kedua setelah pawai serupa yang dilakukan di Pontianak di saat dihadiri oleh Presiden Jokowi.

PONTIANAK – Masyarakat Kota Pontianak khususnya dan Kalimantan Barat pada umumnya pada Senin 22 Februari 2016 tumpah ruah di sepanjang Jalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News