Wakil Ketua MPR RI: SBY Tunjukkan Sikap Kenegarawanan

Wakil Ketua MPR RI: SBY Tunjukkan Sikap Kenegarawanan
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan menyayangkan tanggapan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan terkait dengan pernyataan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2018 silam.

Pasalnya, pernyataan SBY tersebut adalah bentuk masukan, kritikan, dan saran serta sikap kenegarawanan yang ditunjukkan SBY sebagai orang yang pernah memimpin bangsa ini.

Pada 2018 silam, SBY mengingatkan para pemimpin untuk tidak menakut-nakuti masyarakat dengan kekuasaan yang dimiliki.

SBY juga mengajak Pemerintah untuk bekerja sama dengan masyarakat dan apabila ada yang keliru dari cara masyarakat mengkritik, Pemerintah harus mengayomi masyarakat.

Pernyataan SBY ini mencuat kembali di publik dan mendapatkan tanggapan dari Menko Kemaritiman dan Investasi dalam acara Kick Andy pada Minggu (25/7/2021).

Luhut menyarankan SBY untuk lebih duduk manis dan hanya sesekali mengkritik seperti yang dilakukan oleh B. J. Habibie.

Syarief Hasan menyebutkan, pernyataan Menko Kemaritiman dan Investasi ini menunjukkan ketidakdewasaan dalam berpolitik di era demokrasi sekarang.

"Mendorong Pak SBY yang sering memberikan kritikan, masukan, dan saran agar lebih banyak duduk manis dan diam menunjukkan tidak dewasanya LBH sebagai pemimpin untuk menerima kritikan dari masyarakat. Padahal, kritikan itu adalah cara untuk mengingatkan Pemerintah agar jauh lebih baik,” ungkap Syarief Hasan.

Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan menyayangkan tanggapan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan terkait dengan pernyataan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2018 silam.