Wakil Komisi III Pastikan Tak Ada Lobi Politik saat Menguji Capim KPK

Wakil Komisi III Pastikan Tak Ada Lobi Politik saat Menguji Capim KPK
Aksi solidaritas Selamatkan KPK di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (30/8). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR Herman Hery menyatakan pelaksanaan fit and proper test calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau capim KPK di DPR akan dilakukan secara profesional tanpa lobi-lobi politik.

Sesuai rencana, pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan terhadap sepuluh nama capim KPK yang diserahkan Presiden Joko Widodo alias Jokowi, akan dilakukan dua hari, Selasa - Rabu (10-11) September 2019.

"Selasa, Rabu. Dua hari. Tidak ada lobi-lobi politik. Kami profesional terbuka," ucap Herman Heri sebelum rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Tim Pansel Capim KPK di DPR, Senin (9/9).

BACA JUGA: Mulai Hari Ini, 10 Capim KPK Berhadapan dengan DPR

RDPU tersebut menurut politikus PDI Perjuangan ini, dilakukan untuk menjawab berbagai pertanyaan yang berkembang di masyarakat akhir-akhir ini. Dalam forum itu, setiap wakil rakyat bebas menanyakan apa pun kepada pansel terkait sepuluh nama yang diseleksi.

"Saya sangat yakin, anggota akan bebas bertanya dan pasti mereka menanyakan banyak hal termasuk prosedur tata cara pemilihan sepuluh nama," jelas Hery.(fat/jpnn)


Uji kepatutan dan kelayakan terhadap sepuluh capim KPK akan dilakukan selama dua hari.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News