Senin, 19 Agustus 2019 – 19:02 WIB

Walhi Apresiasi Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit

Kamis, 26 Mei 2016 – 04:02 WIB
Walhi Apresiasi Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit - JPNN.COM

ILUSTRASI. FOTO: Jambi Independent

JAKARTA – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) mengapresiasi perusahaan perkebunan kelapa sawit yang peduli terhadap pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Seperti yang dilakukan Amara Group, yang melalui salah satu anak perusahaannya PT Plantindo Agro Subur (PAS). Perusahaan ini mengadakan pelatihan terhadap Masyarakat Peduli Api dan simulasi pencegahan kebakaran lahan dan kebun.

Pelatihan digelar di PT PAS, Desa Teluk Haur, Kecamatan Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, pada pertengahan Mei 2016. Pelatihan yang digelar  selama sepekan tersebut, diikuti 35 perwakilan Masyarakat Peduli Api dari tujuh desa di sekitar perkebunan.

“Ini harus diapresiasi. Harusnya semua perusahaan juga melakukan hal yang sama dan menjadikan upaya tersebut sebagai suatu kewajiban,” kata Manajer Penanganan Bencana Walhi Mukti Friatna, Rabu (25/5).

Menurut Mukri, langkah-langkah preventif memang harus dilakukan. Karena selama 18 tahun, setiap terjadi kebakaran hutan dan lahan  selalu cenderung saling menyalahkan.

Hanya saja, kata dia, perusahaan hendaknya memperhitungkan sumber daya manusia dan sumber daya air agar upaya pencegahan bisa lebih optimal. “Untuk itu, upaya pencegahan tersebut seharusnya juga  dilakukan perusahaan lain. Namun, memang harus serius dan penuh kesungguhan,” lanjut Mukri.(boy/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar