Wali Kota Ajari Anggota Dewan Cara Tepuk Tangan

Wali Kota Ajari Anggota Dewan Cara Tepuk Tangan
F.X. Hadi Rudyatmo.Foto: Radar Solo/dok.JPNN

jpnn.com - SOLO – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyosialisasikan cara tepuk tangan kepada bupati/wali kota di Jateng. Termasuk Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo.

Oleh Rudy, ilmu dari KPK itu selanjutnya ditransfer ke anggota DPRD Kota Surakarta pada sidang paripurna dengan agenda pembacaan nota penjelasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Tahun 2015 dan pengesahan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) kemarin.

“Tangan kanan di atas, tangan kirinya di bawah. Terus ditepukkan hingga berbunyi keras,” kata Rudy sembari memperagakannya dan diikuti seluruh peserta sidang. 

Menurut Rudy, cara tepuk tangan tersebut didapat setelah mengikuti pelatihan antikorupsi oleh KPK bersama 17 bupati dan wali kota lainnya di Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Selama ini, cara tepuk tangan dinilai salah karena posisi kedua telapak tangan ditepukkan dari arah kanan dan kiri, bukan arah atas dan bawah. 

Bukan tanpa makna, telapak tangan di posisi atas menunjukkan bahwa kebenaran selalu di atas segalanya. 

“Mari kita lakukan lagi bersama-sama,” pinta Rudy dan kembali disambut riuh seisi ruangan. 

Pantauan Jawa Pos Radar Solo, sebelum naik ke podium, Rudy sudah memberikan kode kepada peserta sidang paripurna melakukan tepuk tangan secara benar. Sedikitnya terdapat sembilan momen tepuk tangan dan Rudy selalu mengangkat tangannya tinggi-tinggi.

SOLO – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyosialisasikan cara tepuk tangan kepada bupati/wali kota di Jateng. Termasuk Wali Kota Surakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News