Wali Kota Berharap Puncak Sail Tidore 2022 Dibuka Presiden Jokowi

Wali Kota Berharap Puncak Sail Tidore 2022 Dibuka Presiden Jokowi
Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim menyampaikan, pihaknya secara khusus meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara puncak Sail Tidore. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim menyampaikan, pihaknya secara khusus meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara puncak Sail Tidore yang akan digelar pada November 2022 mendatang.

Hal itu disampaikan Ali disela tinjauan Presiden Jokowi ke UKM Mart di Kelurahan Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, Rabu (29/9) kemarin.

"Saya dan Pak Gubernur KH Abdul Gani Kasuba, Lc menyampaikan dengan hormat ke Pak Presiden mohon kesediaan untuk menghadiri dan membuka acara puncak Sail Tidore pada tanggal 26 November 2022," ujar Ali saat dihubungi, Kamis (29/9).

Sebagai informasi, selain menyukseskan Sail Tidore, Pemkot Tidore Kepulauan juga tengah gencar mempromosikan wisata bahari dan rencana pembangunan Museum bawah laut.

Ali mengungkapkan, ia sedang terus mengkaji dan mempersiapkan potensi wisata museum bawah laut dari Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT).

Dulu di perairan Tidore tersebut terdapat meriam portugis buatan Makau yang diproduksi oleh Manuel Tavare dan puluhan guci peninggalan kapal Spanyol yang tenggelam abad ke-16. Meriam dan guci-guci ini, sudah diangkat ke daratan tahun 1990-an.

"Sayangnya, guci-guci tersebut kurang mendapat atensi dari wisatawan, terlebih disimpan begitu saja di gudang milik Pemkab Halmahera Tengah," sambungnya.

Lebih lanjut Ali menuturkan bahwa dalam upaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat, pihaknya juga telah meminta orang nomor satu di Republik Indonesia itu untuk memperhatikan pasar Rakyat Desa Galala.

Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim menyampaikan pihaknya secara khusus meminta Presiden Joko Widodo untuk hadir dan membuka puncak Sail Tidore

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News