Wamendes Dorong Perangkat dan Pendamping Desa Proaktif Lawan Corona

 Wamendes Dorong Perangkat dan Pendamping Desa Proaktif Lawan Corona
Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi. Foto: Humas Kemendes PDTT

jpnn.com, JAKARTA - Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi mengatakan, peran perangkat pemerintahan hingga tingkat desa dan RT/RW signifikan dalam pencegahan dan penanganan pandemi virus corona.

"Seperti yang dikatakan Presiden Jokowi, solidaritas sosial dan gotong royong adalah kekuatan utama bangsa ini untuk menghadapi pandemi corona," ujar Wamendes Budi Arie Setiadi, Kamis (19/3).

Budi Arie menjelaskan, perangkat desa dan kelurahan adalah ujung tombak sosialisasi dan mobilisasi masyarakat dalam melawan corona.

"Sekarang waktunya bersatu-padu melawan corona. Ini masalah bangsa, negara dan rakyat. Jangan ada lagi perdebatan yang tidak perlu. Sekarang waktunya bertindak nyata. Bangsa ini punya daya tahan dan daya juang," ujar Budi

Menurut Wamendes, disamping perangkat pemerintahan, para aktivis pendamping desa juga bisa menjadi agen penyadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan dan penanganan corona.

Sosialisasi tentang apa itu virus corona dan pencegahan di kawasan perdesaan sangat vital. Tingkat kepedulian masyarakat tersebut sangat dibutuhkan untuk menanggulangi corona.

Wamendes Budi Arie menjelaskan informasi yang utuh tentang corona akan menghilangkan perdebatan dan kepanikan di tengah masyarakat. Data, informasi, dan perangkat sosialisasi sudah disediakan lengkap oleh pemerintah.

"Perangkat desa dan pendamping desa harus pro aktif mencegah kepanikan warga. Bersama Tim Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 kita bersama menghadapi wabah corona," ujar Budi Arie.

Wamendes mengatakan bahwa perangkat desa dan kelurahan adalah ujung tombak sosialisasi dan mobilisasi masyarakat dalam melawan corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News