Wapres Ma’ruf Amin Apresiasi Konsep Sekolah Islam Berasrama

Wapres Ma’ruf Amin Apresiasi Konsep Sekolah Islam Berasrama
Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin menerima delegasi Tali Foundation di kantornya, Selasa (7/1/2020). Foto: Dok. Tali Foundation

jpnn.com, JAKARTA - Pertumbuhan sekolah Islam berasrama (boarding school) di Indonesia makin menggeliat. Pasalnya, sekolah Islam modern ini menjamin kelulusannya berkualitas dan unggul. Tidak hanya mumpuni dari aspek kompetensi agama dan karakter, tetapi juga unggul pada penguasaan sains dan teknologi.

Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin sangat mengapresiasi perkembangan pendidikan Islam modern yang memadukan Islam dan ilmu pengetahuan umum. Tren pertumbuhan Islamic boarding school sangat positif buat kemajuan umat dan bangsa.

Hal tersebut diungkap Wapres Kiai Ma’ruf Amin saat menerima delegasi Tali Foundation di kantornya, Selasa (7/1/2020).

Rombongan Tali Foundation yang dipimpin Dewan Pembina Agus Syariful Anam dan Direktur Eksekutif Jusman Dalle, disambut langsung oleh Wapre didampingi Mohamad Oemar (Kepala Sekretriat), Masduki Baidlowi (Jubir), dan Maskuri Abdillah (Stafsus).

"Saya sudah dengar ICM (Insan Cendekia Madani) adalah sekolah Islam unggulan yang melahirkan siswa berkualitas. Saya senang ada sekolah Islam seperti ini. Kita harus mendukung kemajuan pendidikan Islam," kata Ma'ruf.

Pendidikan Islam menurut Ma'ruf harus menonjolkan paradigma Islam whasathiyah (moderat). Corak berpikir yang menghargai perbedaan ini bisa mengubah citra Islam lebih baik di mata dunia Dan dibutuhkan dalam menangkal gerakan radikalisme di Indonesia.

"Paham radikal sangat berbahaya. Yang ada saja masih merepotkan pemerintah, apalagi paham ini terus diproduksi. Inilah yang menyebabkan gejala Islamophobia marak di dunia barat. Stigma Islam jadi negatif. Saya harap sekolah Islam menjadi solusi. Sebab kalau kita terus-terusan sibuk dengan masalah seperti radikalisme dan kekerasan, pembangunan terhambat.," ujarnya.

Wapres juga mengapresiasi kiprah Tali Foundation di bidang kemanusiaan, pemberdayaan ekonomi dan pendidikan. Lembaga sosial yang konsen membantu masyarakat harus didukung agar kontribusi dan perannya makin dirasakan dampaknya secara luas.

Sekolah Islam berasrama tidak hanya mumpuni dari aspek kompetensi agama dan karakter, tetapi juga unggul pada penguasaan sains dan teknologi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News