Wapres Ma'ruf Amin Resmikan BLK Komunitas di Papua dan Papua Barat

Wapres Ma'ruf Amin Resmikan BLK Komunitas di Papua dan Papua Barat
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan sambutan di acara kick off pembangunan BLK Komunitas di Papua dan Papua Barat, Sabtu (16/10). Foto: Kemnaker

jpnn.com, JAYAPURA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di Papua dan Papua Barat.

Peresmian secara simbolis dilangsungkan di Yayasan Global Mission International Indonesia (GMII), Sentani, Jayapura, Sabtu (16/10).

Dalam sambutannya, Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan Papua yang terletak di ujung timur wilayah dan memiliki wilayah terluas di Indonesia menyimpan potensi sumber daya alam yang bernilai ekonomis dan strategis.

"Memperhatikan potensi yang dimiliki Papua, Kementerian Ketenagakerjaan mengambil peran dalam peningkatan kompetensi SDM melalui program pembangunan Balai Latihan Kerja Komunitas," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Wapres mengatakan sejak 2017 hingga 2020, Kemnaker telah mengalokasikan pembangunan BLK Komunitas sebanyak 12 lembaga di Papua dan Papua Barat, yang tersebar di Papua sebanyak 7 lembaga dan Papua Barat sebanyak 5 lembaga.

Tahun ini, Kemnaker mengalokasikan program dan anggaran pembangunan BLK Komunitas sebanyak 21 lembaga penerima bantuan pembangunan BLK Komunitas, meliputi 12 lembaga di Papua dan 9 lembaga di Papua Barat.

Menurut Wapres, pembangunan BLK Komunitas sebagai upaya mendekatkan akses peningkatan kompetensi SDM di Papua dan Papua Barat tidak akan berjalan maksimal jika tidak didukung dengan kerja sama dan sinergi kerja pemerintah daerah, dunia usaha dan dunia industri, serta komunitas yang ada di masyarakat.

"Ini menjadi tugas besar bagi kita semua untuk menyiapkan manajemen yang baik, sarana dan prasarana yang baik, serta menyiapkan SDM kompeten dan hebat dalam memperkuat ekosistem inovasi yang ada," ujar Wapres.

Wapres Ma'ruf Amin meyakini pembangunan BLK Komunitas sebagai upaya mendekatkan akses peningkatan kompetensi SDM di Papua dan Papua Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News