Warga Yahukimo Malas Ikuti Pemilu Ulang

Warga Yahukimo Malas Ikuti Pemilu Ulang
Warga Yahukimo Malas Ikuti Pemilu Ulang
YAHUKIMO -- Entah ada hubungannya dengan masalah kelaparan atau tidak, yang jelas warga Yahukimo tidak antusias mengikuti pemilu ulang yang digelar di sana, Selasa (8/9). Hanya satu dua warga saja yang sudi datang ke TPS pada pukul 10.00 WIT, padahal TPS sudah mulai dibuka satu jam sebelumnya, yang dibuka Bupati Bupati Yahukimo Ones Pahabos SE,MM. Padahal, saat pemilu 9 April 2009 silam, warga cukup antusias.

Pemilu ulang ini untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI  pada 37 distrik di Kabupaten. Berdasar pantauan JPNN di TPS 1 Dekai, meski sepi, aparat kepolisian dari Polres Yahukimo tetap siaga melakukan pengawasan. Mestinya, pemilu ulang digelar tanggal 7 September, namun terpaksa ditunda sehari karena belum siapnya logistik.

Salah seorang warga, Dina Numberi yang ditemui  usai pencontrengan mengakui jika sesuai dengan pantauannya di sejumlah TPS , antusiasme warga mendatangi TPS yang ikut mencontreng sangat kurang. Menurutnya, warga mengaku tidak bersemangat lagi  untuk mencontreng dua kali. Bahkan dirinya juga mengaku tidak setuju dengan pemilihan ulang Yahukimo ini. Hanya saja sebagai bentuk partisipasinya, sehingga dirinya datang mencontreng.

Dia menganalisa, pemilu ulang ini dilakukan akibat kinerja penyelenggara Pemilu Yahukimo yang tidak becus lantas masyarakat jadi korban. "Sebenarnya yang jual beli suara itu KPU, tetapi kita rakyat jadi korban," katanya.

YAHUKIMO -- Entah ada hubungannya dengan masalah kelaparan atau tidak, yang jelas warga Yahukimo tidak antusias mengikuti pemilu ulang yang digelar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News