Washington Fokus ke Pakistan

Pasca Penarikan Pasukan AS dari Afghanistan

Washington Fokus ke Pakistan
Washington Fokus ke Pakistan
ISLAMABAD - Saat pemerintahan Barack Obama tengah mempersiapkan penarikan pasukan Amerika Serikat dari Afghanistan, sejumlah pihak yakin bahwa fokus perhatian berikutnya akan berpindah ke Pakistan. Washington masih menganggap Al Qaidah dan kroninya sedang merencakan serangan besar melawan barat.

Menurut sejumlah pejabat negeri Paman Sam, alasan utama penarikan pasukan dari Afghanistan adalah kondisi yang sudah netral di negara tersebut. AS menginvasi Afghanistan pada 2001 karena digunakan oleh Al Qaidah sebagai basis melancarkan serangan 9/11.

Kini, Afghanistan bisa dijadikan pangkalan yang sangat signifikan untuk melancarkan serangan secara sepihak terhadap militan di dalam wilayah Pakistan dan sekitarnya. Banyak analis melihat posisi Pakistan secara strategis lebih penting dibanding Afghanistan.

Gambaran masa depan itulah yang diprediksi akan terjadi dalam hubungan antara Pakistan dan AS, dimana beberapa pekan terakhir memburuk, pasca penggerebekan pasukan khusus yang menewaskan pimpinan Al-Qaidah, Osama Bin Laden.

ISLAMABAD - Saat pemerintahan Barack Obama tengah mempersiapkan penarikan pasukan Amerika Serikat dari Afghanistan, sejumlah pihak yakin bahwa fokus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News