JPNN.com

Waspada, 5 Jenis Makanan ini Dampaknya Buruk untuk Kesehatan Hati

Kamis, 13 Juni 2019 – 19:40 WIB Waspada, 5 Jenis Makanan ini Dampaknya Buruk untuk Kesehatan Hati - JPNN.com

jpnn.com - Hati atau liver adalah organ kedua terbesar dalam tubuh manusia. Organ ini memiliki fungsi terkait sistem pencernaan, juga mengolah dan membuang racun yang masuk ke tubuh.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, hati atau liver – atau juga disebut lever – memiliki  fungsi yang sangat vital. Selain pencernaan, organ ini juga berfungsi untuk metabolisme, daya tahan tubuh, penyimpanan zat gizi hingga produksi sel darah. Ini berarti, adanya penyakit yang menyerang liver akan secara otomatis mengganggu fungsi organ tubuh lainnya.

Penyakit liver sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

  • Alcoholic liver disease (ALD)

Alcoholic liver disease terjadi karena menumpuknya lemak pada hati akibat konsumsi alkohol berlebih dan secara berkelanjutan.

Non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD)
Pada kondisi ini, hati mengalami perlemakan yang disebabkan oleh penyebab selain alkohol. Umumnya, penyebabnya adalah obesitas atau kelebihan berat badan, kolesterol tinggi, dan penyakit gula alias diabetes.

  • Hepatitis

Hepatitis adalah sebutan umum untuk proses peradangan yang terjadi di liver. Ada banyak penyebab hepatitis, tetapi yang tersering adalah infeksi virus.

  • Sirosis hati

Kondisi ini terjadi ketika bentuk dan struktur hati mengalami perubahan, sehingga fungsinya benar-benar mengalami penurunan. Sebagian besar penyakit liver dapat berakhir menjadi sirosis bila tidak tertangani atau berlangsung selama bertahun-tahun.

Makanan sebabkan penyakit liver

Salah satu hal yang bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit liver adalah makanan. Beberapa makanan yang dimaksud, antara lain:

1. Makanan berlemak

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...