Waspada, 7 Kebiasaan Makan ini Menyebabkan Diabetes

Waspada, 7 Kebiasaan Makan ini Menyebabkan Diabetes
Diabetes. Ilustrasi. Foto Healthaim

jpnn.com - Faktor pemicu diabetes ada beragam. Bisa karena faktor genetik, gaya hidup sedenter, atau pola hidup seperti pola makan yang tidak sehat. Bicara mengenai pola makan, ada beberapa kebiasaan makan yang bisa menyebabkan penyakit diabetes.

Jenis makanan yang kerap ditunjuk sebagai penyebab diabetes adalah yang manis-manis. Tak salah memang, tapi ada juga jenis makanan lain yang juga bisa sebabkan diabetes jika konsumsinya tak terkendali.

1. Mengonsumsi makanan yang tidak seimbang

Makan terlalu banyak karbohidrat kurangnya asupan nutrisi lain, seperti sayuran dan protein tanpa lemak, dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat.

"Makanan seimbang membantu Anda kenyang dan memberi semua nutrisi yang Anda butuhkan," kata Alison Massey, RD, direktur pendidikan diabetes di Mercy Medical Center, Amerika Serikat, kepada Reader’s Digest.

Memasangkan protein tanpa lemak (seperti dada ayam tanpa kulit) dengan makanan karbohidrat kompleks (beras merah) bisa memperlambat pencernaan, dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama sambil memiliki dampak minimal pada kadar glukosa darah setelah makan.

2. Setengah piring Anda isinya daging

Terlalu banyak mengonsumsi protein dapat memengaruhi kadar glukosa darah, terutama jika protein yang Anda konsumsi adalah daging merah.

Terapkan juga gaya hidup sehat dan berolahraga secara rutin sehingga risiko diabetes bisa diminimalkan sekecil mungkin, atau bukan tak mungkin bisa sirna.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News