Waspada, 8 Penyakit ini Rentan Menyerang di Musim Kemarau

Waspada, 8 Penyakit ini Rentan Menyerang di Musim Kemarau
Cuaca panas, musim kemarau. Foto : Pojokpitu

jpnn.com - Menurut BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), sejak April lalu, Indonesia sudah memasuki musim kemarau. Maka, jangan heran bila saat ini Anda akan merasakan hawa terik dan panas saat siang hari. Saat musim kemarau, udara juga akan menjadi lebih kering dan berdebu. Kondisi tersebut membuat beberapa penyakit lebih rentan menyerang Anda.

Dengan kondisi di atas, mau tak mau Anda harus menjaga daya tahan tubuh agar tidak jatuh sakit. Pasalnya, ada delapan penyakit yang rentan menyerang Anda pada saat musim kemarau. Apa sajakah itu? 

1. Demam berdarah

Tak hanya saat musim hujan, demam berdarah juga berisiko muncul di musim kemarau. Ini karena nyamuk-nyamuk dewasa mulai berkembang.

"Saat musim hujan, banyak terjadi genangan. Saat itulah nyamuk-nyamuk ini berkembang biak. Nah, saat memasuki musim kemarau saat ini, nyamuk dewasa itu semakin banyak," ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

2. Ancaman dehidrasi

Saat musim kemarau di mana cuaca sangat panas, Anda juga akan lebih rentan mengalami dehidrasi. Karena itu, selalu cukupi kebutuhan air minimal 8 gelas sehari, terlebih bagi Anda yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan.

3. Dermatitis atopik

Jangan heran bila saat ini Anda akan merasakan hawa terik dan panas saat siang hari. Saat musim kemarau, udara juga akan menjadi lebih kering dan berdebu.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News