Waspada! Cuaca Hari Ini hingga 24 Mei 2022, Peringatan BMKG Tak Main-Main

Waspada! Cuaca Hari Ini hingga 24 Mei 2022, Peringatan BMKG Tak Main-Main
BMKG mengimbau warga mewaspadai cuaca hari ini hingga dua hari ke depan di wilayah laut. Ilustrasi - Gelombang tsunami: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga mewaspadai gelombang tinggi dengan kategori sangat tinggi pada 22-24 Mei 2022.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang BMKG Syaeful Hadi menyebut wilayah yang berpotensi dilanda gelombang tinggi adalah di selatan Pulau Sumba dan Pulau Sabu.

Kemudian beberapa titik perairan yang berpotensi dilanda gelombang tinggi (2,5-4 meter) yaitu Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu bagian selatan, perairan selatan Kupang-Rot, dan Samudera Hindia selatan Kupang-Rote.

Namun, pada umumnya potensi gelombang laut di NTT berada pada kategori sedang dan rendah.

"Gelombang laut dengan ketinggian 4-6 meter berpotensi melanda wilayah perairan Samudera Hindia selatan Sumba-Sabu selama tiga hari ke depan," kata Syeaful di Kupang, Sabtu.

Menurutnya, potensi gelombang laut dengan kategori sangat tinggi ini menimbulkan risiko terhadap pelayaran kapal kargo, kapal feri, kapal tongkang, kapal nelayan.

"Gelombang tinggi ini juga harus diwaspadai karena berisiko tinggi terhadap pelayaran kapal feri," katanya.

Lebih lanjut, Syaeful menyebut hasil analisis kondisi sinoptik menunjukkan pada umumnya angin bertiup dari arah Timur Laut ke Tenggara dengan kecepatan 2-7 Skala Beaufort.

BMKG mengimbau warga mewaspadai cuaca hari ini hingga dua hari ke depan di wilayah laut. Simak selanjutnya!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News