JPNN.com

Waspada, ini 3 Ciri Penyakit Jantung pada Pria

Kamis, 15 Agustus 2019 – 23:11 WIB Waspada, ini 3 Ciri Penyakit Jantung pada Pria - JPNN.com

jpnn.com - Tahukah Anda, bahwa seorang pria lebih rentan kena sakit jantung ketimbang wanita? Untuk itu Anda wajib mengetahui ciri penyakit jantung pada pria. Oleh karena penyakit jantung adalah kondisi gawat darurat yang bisa mengancam nyawa, penderitanya harus segera mendapatkan pertolongan. 

Penyakit jantung itu sendiri adalah kondisi di mana jantung kehilangan oksigen karena adanya sumbatan pada arteri yang memberikan suplai darah untuk jantung. Kondisi ini bisa membuat jantung berhenti seketika, sehingga nyawa penderita bisa terancam jika terlambat mendapat pertolongan.

Penyakit jantung bisa terjadi pada siapa saja, namun lebih sering ditemukan pada pria. Fakta terbaru menyebutkan bahwa saat ini penyakit jantung tidak hanya menyerang pria berusia tua, tapi juga pada pria yang masih berusia muda.

“Penyakit jantung pada pria saat ini semakin menyerang usia yang lebih muda. Jika dulu usia 40 atau 50 tahun, sekarang usia 30 tahun sudah bisa kena penyakit jantung. Khususnya pria, karena memang dari data epidemiologi menunjukan bahwa orang yang sering terkena penyakit jantung itu adalah pria yang ada di usia muda,” ujar dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter. 

Ciri penyakit jantung pada pria
Penyakit jantung koroner merupakan penyebab utama terjadinya serangan jantung. Menurut dr. Alvin, seseorang yang mengalami kondisi ini akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Nyeri dada sebelah kiri

Jantung berada di dada sebelah kiri. Apabila muncul rasa nyeri di bagian tersebut, ini bisa jadi pertanda bahwa ada yang salah dengan kesehatan jantung Anda. 

Berdasarkan penuturan dr. Alvin, rasa nyeri yang muncul umumnya akan terasa seperti ditekan, ditindih benda berat dan diremas. Tidak hanya itu, karena posisi jantung yang ada di sebelah kiri, rasa nyeri juga bisa menjalar ke bagian tubuh sebelah kiri, seperti lengan, leher dan punggung. 

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...