Minggu, 23 September 2018 – 04:08 WIB

Waspada, Kesepian Salah Satu Pemicu Bunuh Diri

Selasa, 11 September 2018 – 08:03 WIB
Waspada, Kesepian Salah Satu Pemicu Bunuh Diri - JPNN.COM

Depresi. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Orang yang sukses sering kali cenderung ambisius dan mengutamakan kariernya di atas segalanya. Akibatnya, hubungan interpersonal dengan sahabat atau teman bisa terganggu, dan mereka menjadi kesepian dan penyendiri.

Para orang sukses tersebut mungkin memiliki penggemar dalam jumlah yang sangat banyak, pengikut di sosial media yang berjumlah jutaan. Namun faktanya, orang–orang tersebut bukanlah teman yang nyata.

Menurut studi yang dipublikasikan oleh jurnal Psychological Medicine pada April 2018 ini, dilaporkan bahwa orang yang kesepian memiliki risiko dua kali lipat lebih tinggi untuk mengalami depresi, gangguan cemas dan masalah kesehatan mental lainnnya.

Jika dibiarkan, kondisi ini bisa berujung pada menyakiti diri sendiri, penyalahgunaan obat terlarang dan percobaan bunuh diri.

Selain itu, faktor genetik juga berperan sebagai pemantik kasus bunuh diri. Seseorang akan memiliki kecenderungan untuk mudah depresi dan bunuh diri jika di anggota keluarganya juga ada yang mengalami hal serupa.

Menjadi orang sukses nyatanya tak menjamin Anda hidup bahagia dan terbebas dari masalah. Jika Anda merasa stres, usahakan untuk berbicara dengan orang terdekat untuk mengurangi beban pikiran dan terhindar dari kemungkinan percobaan bunuh diri. Jika diperlukan, Anda juga dapat mendatangi psikolog.

Di Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia ini, Anda bisa mulai memberikan perhatian kepada teman atau anggota keluarga yang menunjukkan gejala-gejala depresi. Gangguan depresi memang bisa memicu seseorang – tidak terkecuali orang sukses – untuk melakukan bunuh diri. Dengan memberikan perhatian kepada mereka diharapkan keinginan untuk bunuh diri bisa dicegah.(NP/ RVS/klikdokter)

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar