Waspada!! Peredaran Uang Palsu Terus Meningkat

Waspada!! Peredaran Uang Palsu Terus Meningkat
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat terjadi peningkatan peredaran uang palsu setiap tahunnya. Bahkan, peredaran uang palsu, peningkatannya cukup signifikan setiap tahun.

‎Kepala Divisi Penanggulangan Uang Palsu BI, Hasiholan Siahaan, dalam dua tahun belakangan mengatakan, peningkatan uang palsu tembus di angka 173 persen.

Berdasarkan data statistik BI, pada 2014 ditemukan 120.417 lembar uang palsu. Sementara pada 2015, pihaknya mencatat ada 319.641 lembar uang palsu.

Dia juga mengungkapkan, pada Maret 2015, terjadi lonjakan uang palsu mencapai 55.441 lembar uang palsu.

"Kejahatan uang palsu sudah dalam tahap mengkhawatirkan. Tingkat kaulitas kejahatannya juga sudah meningkat," kata Hasiholan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (23/5).

‎Sementara, Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Agung Setya menambahkan, kasus uang palsu cenderung meningkat. Baik dari segi jumlah maupun luas peredarannya.

"Ini menunjukkan bagaimana kejahatan ini perlu penanganan yang serius. Yang lebih peting adalah pendeteksian sejak awal," pungkasnya. (Mg4/jpnn)


JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat terjadi peningkatan peredaran uang palsu setiap tahunnya. Bahkan, peredaran uang palsu, peningkatannya cukup


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News