World Bank: Perubahan Iklim Global Ancam Ekonomi Dunia

World Bank: Perubahan Iklim Global Ancam Ekonomi Dunia
World Bank: Perubahan Iklim Global Ancam Ekonomi Dunia
JENEWA - Bank Dunia (World Bank) mengingatkan perubahan iklim yang terjadi saat ini bakal mengancam perekonomian global. Dikatakan, peningkatan suhu global bakal mengakibatkan tenggelamnya kota-kota pesisir, meningkatkan risiko gagal panen dan mendongkrak angka kekurangan gizi. Daerah kering menjadi semakin kering, sementara daerah yang basah menjadi semakin basah karena perubahan iklim. Di sisi lain, tahun ini tercatat peristiwa gelombang panas yang belum pernah terjadi sebelumnya di berbagai daerah.

"Perubahan iklim menyebabkan kelangkaan air dan bencana alam lainnya," ujar Jim Yong Kim, Presiden Bank Dunia seperti dikutip USnews, Rabu (21/11).

Laporan, berjudul "Turn Down Heat," membayangkan sebuah dunia yang lebih hangat dengan rata-rata kenaikan suhu 4 derajat Celsius. Menurut Jim Yong Kim, laporan tersebut dimaksudkan untuk mengingatkan semua negara di dunia agar segera mengambil tindakan yang diperlukan.

"Dunia dengan kenaikan 4 derajat celcius akan sangat berbeda dari yang sekarang dan menyebabkan ketidakpastian yang tinggi. Selain itu risiko baru juga  mengancam kemampuan kita untuk mengantisipasi dan merencanakan untuk kebutuhan adaptasi di masa depan," ungkapnya.

JENEWA - Bank Dunia (World Bank) mengingatkan perubahan iklim yang terjadi saat ini bakal mengancam perekonomian global. Dikatakan, peningkatan suhu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News