Wow, Pemerintah Uji Coba Penggunaan Bensin dari Minyak Sawit di Motor, Hasilnya?

Wow, Pemerintah Uji Coba Penggunaan Bensin dari Minyak Sawit di Motor, Hasilnya?
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif (tengah) melihat uji coba penggunaan bensin sawit pada sepeda motor di Lapangan Produksi Bensa Skala Pilot di Kudus, Jawa Tengah, Rabu (25/1/2022). (ANTARA/HO-Kementerian ESDM)

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah mulai melakukan uji coba pembuatan bensin dari minyak sawit atau bensa untuk kendaraan bermotor.

Uji coba tersebut merupakan kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan pihaknya menciptakan bahan bakar tersebut untuk motor setelah melihat pemerintah mencampurkan solar dan avtur beberapa waktu lalu.

"Saat ini bensa masih tahap pilot project, masih butuh perjuangan panjang untuk menuju tahap komersial, tetapi kita sudah bisa mengambil parameter-parameter penting menuju ke arah skala produksi," kata Arifin Tasrif dalam siara persnya, Selasa (25/1).

Dia menambahkan, pemerintah merencanakan untuk bisa memproduksi bensa berkapasitas 238,5 kiloliter per hari.

Dia menyebut akan dibangun tempat produksinya di Kabupaten Musi Banyuasin (Sumatera Selatan) dan Kabupaten Pelalawan (Riau).

Menteri ESDM menyampaikan ide membuat bensin dari minyak sawit sudah lama diinisiasi oleh Profesor Subagjo dan teman-temannya dari ITB.

Kemudian dua tahun lalu, pemerintah mendorong supaya bisa dilakukan scale up dari hasil skala laboratorium.

Pemerintah mulai melakukan uji coba pembuatan bensin dari minyak sawit atau bensa untuk kendaraan bermotor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News