Wujudkan Transformasi Digital, Pemerintah Siap Gandeng Swasta dan BUMN

Wujudkan Transformasi Digital, Pemerintah Siap Gandeng Swasta dan BUMN
Ilustrasi penggunaan internet bersamaan di rumah. Foto dok Telkomsel

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong mengatakan kerja sama dari semua pihak sangat dibutuhkan, termasuk perusahaan swasta maupun BUMN, agar wilayah di tanah air terkoneksi internet.

Kerja sama atau kolaborasi dengan pihak swasta juga sebagai solusi keterbatasan anggaran yang dimiliki pemerintah untuk mewujudkan program transformasi digital di Indonesia.

“Tidak bisa sendiri. Tetapi pemerintah tetap sebagai lokomotif. Terutama pada daerah 3T (terdepan, terpencil, tertinggal),” ujar Usman.

Pemerintah memahami bahwa mewujudkan transformasi digital di tanah air tidak memiliki nilai ekonomis bagi perusahaan. Terutama di wilayah 3T.

Untuk itu, pemerintah hadir melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), perusahaan nomenklatur di bawah Kementerian Kominfo.

Salah satu tugas utama BAKTI adalah membangun infrastruktur pelayanan telekomunikasi dan informasi. BAKTI membangun BTS-BTS (Base Transceiver Station) di wilayah 3T.

“Karena bagi operator inikan engga bernilai ekonomi, berapa sih yang pakai di situ pelanggannya yang punya HP (di daerah 3T), nah maka pemerintah hadir di situ, tapi tetap nanti yang operasikan mereka (swasta),” kata Usman.

Usman menjelaskan di wilayah-wilayah 3T, Bakti akan membangukan BTS sedangkan swasta yang akan mengoperasikan.

Meski perusahaan milik pemerintah, namun BUMN juga dituntut menghasilkan keuntungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News