Wukuf di Arafah Lancar

Wukuf di Arafah Lancar
Wukuf di Arafah Lancar
MAKKAH - Jutaan umat Islam dari berbagai penjuru dunia berkumpul di Padang Arafah kemarin (15/11). Mereka mengikuti wukuf atau ritual puncak haji. Wartawan Pontianak Post (Grup JPNN) melaporkan, perjalanan dari Makkah menuju Arafah tidak memakan waktu lama. Sebagian jamaah mulai berangkat Minggu malam (14/11) waktu setempat. Bus berjalan merayap karena semua memiliki tujuan yang sama. Termasuk, jamaah yang berjalan kaki. Kendati begitu, jarak 18 km ditempuh hanya sekitar 45 menit.

Bermalam di Mina tidak menjadi masalah. Tenda permanen yang digunakan cukup representatif. Para jamaah banyak menghabiskan waktu untuk salat dan memanjatkan doa. Pelaksanaan wukuf di Arafah berjalan lancar. Seluruh jamaah haji asal Kalbar telah berkumpul di Arafah dan menempati tenda-tenda yang disediakan maktab.

Jamaah yang malam sebelumnya menjalani mabit di Mina menjadi rombongan terakhir yang bergabung sekitar pukul 8.00 pagi waktu Arafah. Waktu wukuf jatuh pada pukul 12.07 didahului dengan khotbah wukuf yang disampaikan oleh Syekh Zubeir. Intisari khutbah adalah bagaimana menjadi haji mabrur dengan memperbanyak sedekah.

Setelah khutbah wukuf, dilaksanakan salat Duhur dan Asyar dengan dijamak takdim dan qashar dengan dua kali ikamat diimami Ustadz Mubarak. Sedangkan doa wukuf serta doa dan zikir taubat dibimbing H Sabhan A. Rasyid. Selama di Arafah tidak ada hambatan. Katering berjalan lancar. Hal ini disebabkan maktab sudah mempersiapkan semua dengan seksama.

MAKKAH - Jutaan umat Islam dari berbagai penjuru dunia berkumpul di Padang Arafah kemarin (15/11). Mereka mengikuti wukuf atau ritual puncak haji.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News