Yakin Kasus Gayus Tuntas Sebelum Awal Tahun

Yakin Kasus Gayus Tuntas Sebelum Awal Tahun
Gayus Tambunan saat disidang beberapa waktu lalu. Foto: Dok/JPPHoto
JAKARTA - Mabes Polri optimistis rangkaian kasus Gayus Tambunan akan segera tuntas. Apalagi, setelah rekonstruksi, alur kasus ini semakin jelas. "Semoga akhir bulan ini bisa selesai semua," ujar Kadivhumas Polri Irjen Iskandar Hasan.

Penyidik Bareskrim Polri telah melakukan rekonstruksi kasus Gayus di beberapa tempat pada Kamis (2 Desember) lalu. Hal itu dilakukan agar keterangan Gayus di persidangan bisa diberkas dalam penyidikan. "Rekonstruksi itu penting sekali agar berkas penyidikan bisa lengkap," kata mantan Kapolda Bangka Belitung itu.

Dalam rekonstruksi, pecatan pegawai Dirjen Pajak itu menerima sejumlah uang dari Alif Kuncoro (sudah divonis dalam kasus penyuapan Kompol Arafat,red). Uang itu adalah bagian dari "upah" kerja Gayus untuk memberesi tiga kasus pajak perusahaan-perusahaan kakap.

Iskandar menjamin, proses pengungkapan sindikasi kasus Gayus akan utuh sampai di persidangan. "Polri sedang berupaya keras agar semua pengakuan tersangka itu bisa didukung juga dengan alat bukti yang lain," katanya. Sejak Juli 2009 hingga Oktober 2010 Bareskrim telah menangani 7 laporan, dengan 23 berkas perkara, serta melibatkan 27 tersangka yang melibatkan perkara Gayus ini. Termasuk Gayus sendiri berapa kali.

JAKARTA - Mabes Polri optimistis rangkaian kasus Gayus Tambunan akan segera tuntas. Apalagi, setelah rekonstruksi, alur kasus ini semakin jelas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News