Yingluck Diuji Kembalikan Stabilitas Thailand

Yingluck Diuji Kembalikan Stabilitas Thailand
Yingluck Diuji Kembalikan Stabilitas Thailand
BANGKOK - Sejarah baru tercatat di Thailand. Kemarin (5/8) parlemen negara gajah putih tersebut resmi menunjuk Yingluck Shinawatra sebagai perdana menteri perempuan pertama.

Yingluck, adik mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, memimpin partainya, Pheu Thai Party menang telak dalam pemilu nasional bulan lalu. Saat ini, partainya dan partner koalisnya menguasai mayoritas kursi di majelis rendah parlemen.

Setelah diangkat secara resmi oleh parlemen, Raja Bhumibol Adulyadej akan meresmikannya dengan seremoni khusus, yang rencananya akan dihelat beberapa hari ke depan. Dalam proses pemilihan di majelis rendah, 296 kursi dari 500 yang ada memilih Yingluck. Sementara tiga orang menolak dan 197 anggota abstain.

Pemimpin 44 tahun tersebut akan menghadapi tantangan berat untuk mengembalikan stabilitas politik yang lima tahun terakhir selalu diwarnai konflik. Kakaknya, Thaksin Shinawatra, sosok populis yang didukung kelompok miskin kota dan warga pedesaan, dilengserkan melalui kudeta militer pada 2006.

BANGKOK - Sejarah baru tercatat di Thailand. Kemarin (5/8) parlemen negara gajah putih tersebut resmi menunjuk Yingluck Shinawatra sebagai perdana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News