JPNN.com

Yingluck Shinawatra Menang Mutlak

Senin, 04 Juli 2011 – 12:59 WIB Yingluck Shinawatra Menang Mutlak - JPNN.com
Yingluck Shinawatra Menang Mutlak
BANGKOK - Thailand mencatat sejarah baru. Yingluck Shinawatra bakal menjadi perempuan pertama yang menjabat perdana menteri (PM) Negeri Gajah Putih tersebut.

Berdasar hasil pemilihan umum yang dilangsungkan kemarin (3/7), Puea Thai Party (PTP) yang mengusung Yingluck sebagai kandidat PM menguasai lebih dari separo kursi di parlemen. Artinya, PTP berhak membentuk pemerintahan sendiri tanpa koalisi dengan partai lain.

Sejak dicalonkan pertengahan Mei lalu, Yingluck dinilai bakal melenggang ke kursi PM dengan mulus. Sebab, dia menyandang nama besar Shinawatra. Perempuan cantik berusia 44 tahun itu memang adik bungsu mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra yang kini tinggal di Dubai karena menghindari hukuman atas kasus korupsi. Meski begitu, pendukung Thaksin di Thailand masih banyak. Terutama dari kalangan grassroot.

Menurut hasil perhitungan suara yang dikeluarkan Komisi Pemilu Thailand pukul 10 tadi malam (waktu Bangkok sama dengan WIB), PTP sukses meraih 261 di antara 500 kursi yang diperebutkan. Sementara Partai Demokrat (PD) yang menjadi rival utama PTP hanya mengumpulkan 162 kursi. Dengan demikian, kandidat PM incumbent Abhisit Vejjajiva yang juga pemimpin PD harus menyerahkan kursinya kepada Yingluck.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...