Senin, 19 Agustus 2019 – 08:52 WIB

Yusril Ikut Dorong PBB Gabung PPP

Kamis, 31 Maret 2011 – 05:50 WIB
Yusril Ikut Dorong PBB Gabung PPP - JPNN.COM

JAKARTA - Kepastian Partai Bulan Bintang bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan terasa makin dekat. Ketua Majelis Syura DPP PBB Yusril Ihza Mahendra telah memberikan lampu hijau partainya untuk merapat dalam menghadapi Pemilu 2014 nanti.
      
"Saya mendorong kawan-kawan di PBB, sudahlah bergabung saja dengan PPP," kata Yusril Ihza, saat seminar dekadensi kepemimpinan partai politik Indonesia, di Jakarta, kemarin (30/3). Seminar tersebut diadakan oleh Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PPP.

Meski demikian, pada kesempatan itu, Yusril menyatakan kalau belum ada pembicaraan resmi antara PBB dengan PPP hingga sekarang. Terutama, terkait mekanisme penggabungan kedua partai jika jadi melebur nantinya. "Coba nanti diadakan satu perundingan antara PBB dengan PPP untuk kemaslahatan bersama. Sekarang ini kan baru secara umum, detail-detailnya harus dibicarakan," imbuh mantan ketua umum DPP PBB tersebut.

Terkait alasan bergabung, Yusril menolak jika karena ketidakyakinan PBB memenuhi syarat-syarat menjadi peserta Pemilu 2014, yang telah diperberat. Menurut dia, kalau hanya untuk ikut pemilu, partainya tetap dengan mudah lolos dalam verifikasi. "Kalau verifikasi tak masalah, kan sudah berdiri lama," kelitnya.

Dia beralasan, sebagai partai politik, seharusnya berpikir tidak cukup hanya lolos verifikasi dan ikut dalam pemilu. "Yang perlu menjadi perhatian partai saat ini, justru bagaimana penguatan partai untuk menghadapi Pemilu 2014, bagaimana membangun kekuatan politik islam yang signifikan di masa mendatang," ujar mantan menteri sekretaris negara tersebut.

Dia berpandangan, partai-partai politik Islam sudah terlalu banyak saat ini. Karenanya, untuk menghadapi tantangan kedepan, sebaiknya bergabung dalam satu wadah. Yaitu, dengan membangun satu kekuatan politik dengan semangat bersama. "Agar partai Islam tetap berkiprah di masa depan, daripada tumbang satu persatu," ujarnya.

Meski, tambah dia, tidak semua partai Islam yang ada sekarang harus bergabung. "Beberapa yang mungkin saja, yang memberikan harapan kedepannya," imbuhnya.

Jika nanti PBB jadi bergabung, apakah secara pribadi juga akan ikut bergabung" Yusril belum bisa memastikan. "Kita lihat saja perkembangannya nanti," katanya, sambil tersenyum. (dyn)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar