Zulkieflimansyah Mengajak Menjaga Warisan Sejarah yang Dimiliki NTB

Zulkieflimansyah Mengajak Menjaga Warisan Sejarah yang Dimiliki NTB
Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah. Foto: Diskominfotik NTB.

jpnn.com, LOMBOK - Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah mengajak masyarakat untuk menjaga warisan sejarah yang dimiliki oleh NTB, seperti Gunung Rinjani dan Gunung Tambora yang pernah sama-sama mengguncang dunia. 

Bang Zul, panggilan akrab Zulkieflimansyah, menyampaikan itu saat memberikan sambutan pembukaan "The 3rd Geotourism Conference & International Conference & Future Climate” yang mengangkat tiga tema, yakni Geowisata, Wisata Bahari, dan Wisata Halal, di Lombok, Rabu (10/8). 

"Jadi, geopark itu adalah suatu instrumen, menguak masa lalu, menziarahi sejarah, kemudian melakukan refleksi yang dalam untuk melangkah ke depan dengan penuh kemantapan," kata Bang Zul. 

Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan keinginan kuat untuk melestarikan dan memaksimalkan peran warisan geopark yang telah diberikan kepada NTB. 

Menurut dia, warisan itu bukan sekadar untuk dinikmati, tetapi bisa hadir untuk kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat.  

Bang Zul menambahkan bahwa geopark merupakan taman yang memaksa setiap orang untuk melakukan refleksi.

Sebab, kata dia, warisan indah yang dimiliki NTB menyimpan banyak misteri, sejarah, cerita, dan fantasi.

“Oleh karena itu, orang yang aktif dalam geopark bukan hanya sekadar bekerja, tetapi juga menikmati petualangan itu, mengunjungi masa lalu,” katanya. 

Gubernur NTB Zulkieflimansyah atau Bang Zul, mengajak masyarakat untuk menjaga warisan sejarah yang dimiliki NTB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News