Zulkifli Hasan: Hampir Semua Kader PAN Mengusulkan Mengusung Ganjar Capres

Zulkifli Hasan: Hampir Semua Kader PAN Mengusulkan Mengusung Ganjar Capres
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (ANTARA/HO-Dok)

jpnn.com - SEMARANG - Ketua Umum Partai Nasional Zulkifli Hasan mengakui bahwa hampir semua kader PAN di berbagai wilayah Indonesia mengusulkan kepada dewan pimpinan pusat agar mengusung Ganjar Pranowo sebagia calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024. 

“Memang hampir semua wilayah begitu suaranya,” kata Zulkifli seusai menghadiri acara bersama kader PAN se-Jawa Tengah di Semarang, Jumat (2/12).

Zulhas, panggilan akrab Zulkifli Hasan, juga mengaku menerima masukan dari kader PAN di Jateng yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. “Jawa Tengah sudah memutuskan satu nama, Pak Ganjar Pranowo untuk diusung menjadi calon presiden dan wakil presiden yang disampaikan kepada DPP tadi,” ungkapnya.

Terkait dengan masukan dan usulan kader yang mengusung Ganjar Pranowo itu, Zulkifli mengaku akan membawa aspirasi itu untuk didiskusikan bersama partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Menurut mantan ketua MPR itu, PAN harus berkoalisi dengan partai politik lain untuk mengusung capres dan cawapres karena harus memenuhi ambang batas pencalonan presiden 20 persen.

“Nanti ada Golkar mengusulkan, PAN mengusulkan, dan PPP mengusulkan, kami berembuk. Soalnya saya yang umumkan enggak cukup dan enggak bisa, makanya nanti berunding dengan KIB, nanti KIB nambah lagi. Prosesnya begitu karena ada syarat 20 persen,” katanya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan bahwa deklarasi dukungan yang muncul dari PAN Jateng harus dihormati dan pasti antarpartai akan berkomunikasi.

“Itu, kan, keputusan dari institusi, ya, terima kasih, pasti antarpartai akan berbicara. Ya masing-masing ada aturannya, tentu kami hormati,” pungkas Ganjar Pranowo. (antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Zulkifli Hasan menyebut hampir semua kader PAN mengusulkan mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News