Harga BBM Turun Lagi di Tahun Baru, Ini Rinciannya

Harga BBM Turun Lagi di Tahun Baru, Ini Rinciannya
Ilustrasi. FOTO: dok/jawapos group

jpnn.com - JAKARTA - Harga minyak dunia masih terpuruk. Pemerintah pun meresponnya dengan menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM), khususnya premium dan solar. Rencananya, penurunan harga dua bahan bakar itu bakal diumumkan hari ini langsung oleh Presiden Jokowi dan berlaku pada 1 Januari 2016. Sangat mungkin harga solar turun Rp 500 dan premium sekitar Rp 300. 

Sinyal positif itu disampaikan Dirjen Migas Kementerian ESDM Wiratmaja Puja di kantornya kemarin (22/12). 

Meski diumumkan pada hari ini, dia menyebut harga baru bahan bakar berlaku pada 1 Januari 2016. ''Insya Allah, turun segitu. Untuk pastinya, tunggu pengumuman resminya besok (hari ini, Red),'' ujarnya.

Selain itu, pemerintah mempersiapkan mekanisme penetapan batas atas dan bawah harga BBM. Jadi, meski minyak dunia lebih jatuh dari saat ini yang berada di kisaran USD 36.31 per barel versi Nasdaq, harga bbm di Indonesia akan bertahan di titik tertentu. Begitu juga saat minyak dunia kembali menguat. 

BACA: Oh, Rupanya Ini Pemicu Harga BBM Turun

''Banyak negara yang sudah menerapkan pola itu. Bisa jadi solusi yang baik,'' terangnya. 

Dulu disebutkan, batasan itu diperlukan supaya pemerintah punya dana cadangan energi. Jadi, saat harga minyak dunia terlalu mahal, pemerintah memiliki uang untuk menyubsidi harga BBM. (dim/owi/dee/c6/kim) 

JAKARTA - Harga minyak dunia masih terpuruk. Pemerintah pun meresponnya dengan menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM), khususnya premium dan solar.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News