5 Tahun Menderita Kenker, Kedua Mata Suwarno Tak Berfungsi

5 Tahun Menderita Kenker, Kedua Mata Suwarno Tak Berfungsi
5 Tahun Menderita Kenker, Kedua Mata Suwarno Tak Berfungsi

jpnn.com - SEIBEDUK -- Leher dan pelipis Suwarno, 37, warga Kampung Suka Damai RT 03 RW 06 No. 41, Kelurahan Tanjungpiayu ini sudah membengkak sebesar kepalan tangan orang dewasa.

Selama lima tahun, pria yang memiliki istri dan dua anak tersebut menahan sakit hingga ke dua bola matanya tak lagi berfungsi. Suwarno divonis Dokter menderita kanker Mandi Bula (kanker rahang).

Awal petaka tersebut dirasakan Suwarno sejak tahun 2009 lalu. Kala itu gusi belakang sebelah kiri yang baru tumbuh mengalami pembengkakan. Pembengkakan itu disebabkan gigi gusinya tertusuk tulang ikan saat makan, hingga mengalami infeksi.

"Awalnya cuma bengkak biasa di leher. Lalu pada awal tahun 2010 silam, saya ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta untuk operasi. Saat operasi itu, rahang kiri saya dipotong dan pembengkakan mulai mengecil," kata Suwarno yang saat itu didampingi sang istri Sudaryanti.

Namun pada awal tahun 2013 lalu penyakit kanker yang diderita Suwarno kembali kambuh dan semakin ganas. Dalam waktu beberapa bulan saja, bengkakan di leher menyebar ke bagian pelipis kirinya. Bahkan ketika itu, bola mata kirinya sudah mulai tak berfungsi dengan baik.

"Awal tahun 2013 itu mata kiri saya tak bisa melihat. Apalagi bengkakannya sudah membesar. Akibatnya saya selalu merasa nyeri dan linu, sakit dibagian kepala, pusing dan gusi yang terasa seperti sariawan," ujar Suwarno

Sejak Suwarno mengalami kebutaan dibagian mata kirinya, ia tak bisa bekerja maksimal. Suwarno juga harus berjuang membiayai hidup istri dan ke dua anaknya Fatih Maulana Rizki, 3, dan  Mahesa Putra Arawinda yang masih berumur 15 bulan. Hingga saat itu, ia hanya mampu membeli obat herbal dan harus merogoh kocek 1,5 juta perderigennya.

"Satu derigen itu hanya dua minggu saja dikonsumsi. Saya sudah gonta-ganti minum obat herbal. Mau giamana lagi, kerjaan dan uang tak ada," katanya.

SEIBEDUK -- Leher dan pelipis Suwarno, 37, warga Kampung Suka Damai RT 03 RW 06 No. 41, Kelurahan Tanjungpiayu ini sudah membengkak sebesar kepalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News