Beritakan Bocoran Snowden, Guardian dan Washington Post Terima Pulitzer

Beritakan Bocoran Snowden, Guardian dan Washington Post Terima Pulitzer
Edward Snowden.Foto: Getty Images

jpnn.com - LONDON -- Koran the Guardian dan the Washington Post mendapatkan hadiah Pulitzer atas peliputan aksi pengintaian Badan Intelijen Amerika, NSA. Kedua media ini dapat 'berkah' dari bocoran mantan pegawai Badan Keamanan Nasional AS, Edward Snowden.

Di antara para pemenang lain penghargaan jurnalisme terbaik AS ini adalah Boston Globe karena laporan berita terkini. Dua penulis kantor berita Reuters juga diberikan penghargaan karena pelaporan internasional.

Menurut laman Guardian, Senin (14/4) menjelaskan, hadiah Pulitzer diberikan oleh sekolah jurnalisme Universitas Columbia. Komite Pulitzer mengatakan the Guardian membantu publik lewat pelaporan agresif untuk memicu perdebatan tentang hubungan pemerintah dan masyarakat tentang masalah keamanan dan ruang pribadi.

Berita-berita the Washington Post dicirikan dengan laporan-laporan yang berbobot dan mendalam sehingga membantu masyarakat memahami keterbukaan sejalan dengan kerangka keamanan nasional yang lebih besar.

"Sementara the Boston Globe memberikan liputan menyeluruh dan penuh empati tentang pengeboman Marathon Boston dan perburuan pelakunya di kota tersebut," demikian pernyataan komite tentang liputan surat kabar tersebut mengenai serangan 15 April 2013. (esy/jpnn)

LONDON -- Koran the Guardian dan the Washington Post mendapatkan hadiah Pulitzer atas peliputan aksi pengintaian Badan Intelijen Amerika, NSA. Kedua


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News