Netanyahu Dikritik Rusak Hubungan Israel-AS

Netanyahu Dikritik Rusak Hubungan Israel-AS
Ilustrasi. FOTO: AFP

jpnn.com - JERUSALEM – Harian Haaretz menjadi perbincangan Jumat (31/10). Penyebabnya, kolom kartun harian mereka memuat gambar yang memantik reaksi berbagai pihak. Yaitu, Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu yang sedang mengendarai pesawat akan menabrak gedung dengan bendera Amerika Serikat (AS) di atasnya.

Kartun yang digambar Amos Biderman itu menyerupai pesawat yang ditabrakkan ke World Trade Center (WTC) pada 11 September 2001. Biderman hanya mengkritik kebijakan Netanyahu yang belakangan ini cenderung seenaknya. Netanyahu dinilai bakal membawa kehancuran bagi Israel, terutama dalam hubungan Israel dengan sekutu abadinya, Negeri Paman Sam.

’’Netanyahu akan membawa bencana bagi hubungan Israel dan AS dalam skala yang sama dengan kejadian 11 September,’’ ujar Biderman saat diwawancara lewat telepon oleh The Times of Israel. Dia juga menuding Netanyahu sebagai orang yang arogan.

Belakangan ini, hubungan dua negara bersahabat tersebut memang sangat renggang. Padahal, selama ini AS adalah pendukung utama kebijakan-kebijkan Israel. Salah satu yang memicu kerenggangan itu adalah pembangunan ribuan permukiman baru di Jerusalem Timur. Hunian tersebut dibangun di tanah milik Palestina. AS dan negara-nergara lain sudah memperingatkan Israel agar menghentikan tindakan mereka. Sebab, ini hanya akan membuat pembicaraan damai antara Israel dan Palestina kian jauh dari kata sepakat.

Biderman menambahkan, kartun itu dibuat sebagai reaksi atas komentar seorang pejabat AS di media The Atlantic. Pejabat yang tidak disebutkan namanya tersebut menyebut Netanyahu pengecut.

Kartun yang dibuat Biderman itu langsung memantik reaksi keras dari banyak pihak. Gambar tersebut sedang hangat diperbincangkan diTwitter dan Facebook. Utamanya adalah warga Israel dan korban kejadian 11 September yang tidak menerima kejadian buruk itu diungkit lagi. Banyak pihak yang menuding kartun yang dibuat Biderman tersebut provokatif, sampah, dan menjijikkan. Kedutaan besar AS menolak berkomentar terkait hal itu.

’’Jika kartun ini menunjukkan bahwa Israel menerbangkan pesawat ke WTC, ini adalah hal paling tidak masuk akal yang pernah saya lihat. Tidak ada orang waras yang akan mengasosiasikan Israel dengan pesawat yang diterbangkan ke WTC. Ini sangat menyakitkan bagi keluarga korban 11 September untuk melihat sejarah kejadian tersebut diputarbalikkan hanya demi mencari perhatian politik,’’ ujar Roman Gertsberg yang anak gadisnya tewas dalam serangan di WTC.

Di tempat terpisah, akses ke Masjidilaqsa kembali dibuka sebelum Salat Jumat kemarin. Meski begitu, tentara Israel dalam jumlah besar tetap dikerahkan di sekitar lokasi masjid untuk mencegah terulangnya kerusuhan di wilayah tersebut.

JERUSALEM – Harian Haaretz menjadi perbincangan Jumat (31/10). Penyebabnya, kolom kartun harian mereka memuat gambar yang memantik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News