Satgas SBJ Layani Pasien, Juga Perbaiki Sarana Umum

Satgas SBJ Layani Pasien, Juga Perbaiki Sarana Umum
Personel Satuan Tugas Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXV TNI Angkatan Laut sedang melayani pasien saat melaksaaan bakti sosial pelayanan kesehatan di Pulau Pelapis, Selat Karimata, Kalimantan Barat, Rabu (29. Sebelumnya, Satgas juga telah melaksanakan pelayanan kesehatan di Pulau Karimata, Kalimantan Barat, 26-27 September 2016. FOTO: Dok. Dispenal

jpnn.com - PONTIANAK - Satuan Tugas Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXV TNI Angkatan Laut dengan menggunakan KRI Makassar-590 melaksanakan bakti sosial pelayanan kesehatan di Pulau Pelapis. Sebelumnya, Satgas juga telah melaksanakan pelayanan kesehatan di Pulau Karimata, Kalimantan Barat.

Operasi SBJ tahun 2016 dipimpin Kolonel Laut (P) Robertus Tjahya Waskita. Ia sehari-hari menjabat Komandan Satuan Kapal Bantu Komando Armada RI Kawasan Barat (Dan Satbanarmabar). Kali ini, dia memimpin Satgas dalam rangka kegiatan Sail Selat Karimata 2016.

Menurut keterangan Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Dispenal), pelayanan kesehatan di Pulau Pelapis, Kecamatan Kepulauan Karimata, Kayong Utara, Kalimantan Barat ini dilaksanakan selama dua hari, 26-27 September 2016. Pelayanan dilaksanakan di darat dan di laut.

Untuk di darat, pelaksanakan pelayanan kesehatan dipusatkan di Puskesmas Pelapis terutama untuk pengobatan kesehatan umum dan ringan.

Sedangkan pasien yang memerlukan penanganan operasi dilaksanakan di KRI Makassar-590 yang lego jangkar di perairan Pulau Pelapis mengingat kapal tidak bisa sandar di dermaga.

Dalam bakti sosial ini, masyarakat Pulau Pelapis yang memanfaatkan pelayanan kesehatan sebanyak 515 orang. Mereka terdiri dari pelayanan kesehatan umum sebanyak 236, gigi 65, mata 107, Kesehatan ibu dan anak 26, bedah 14, THT 14, penyakit dalam 19, penyakit kulit 25, dan khitan sebanyak 9 orang.

Adapun pelayanan kesehatan ini meliputi kesehatan Umum, kesehatan mata, kesehatan gigi, penyakit dalam, serta bedah mayor dan minor dengan melibatkan tim medis sebanyak 115 personel terdiri dari dokter-dokter Umum, spesialis serta para medis yang berasal dari Satuan-satuan TNI AL seperti Mabesal, Kormar, Koarmabar, Lantamal III, RS Mintoharjo serta bantuan dari medis (dokter-dokter) dari Undip dan UI.

Selain memberikan pelayanan kesehatan, Satgas SBJ juga memperbaiki sarana dan prasarana umum yang rusak. Seperti masjid, posyandu, MCK umum.

PONTIANAK - Satuan Tugas Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXV TNI Angkatan Laut dengan menggunakan KRI Makassar-590 melaksanakan bakti sosial pelayanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News