Jokowi: Dana Desa Harus Tingkatkan Perekonomian Desa

Jokowi: Dana Desa Harus Tingkatkan Perekonomian Desa
Presiden Jokowi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemanfaatan dana desa harus berdampak pada peningkatan produktivitas perekonomian desa, serta upaya mengatasi kemiskinan dan ketimpangan di pedesaan.

Ini disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas membahas percepatan pembangunan desa di kantor Kepresidenan, Rabu (29/3).

Dari laporan yang diterima Jokowi, pemanfaatan dana desa lebih banyak difokuskan (29 persen) untuk memperbaiki infrastruktur yang mendukung bergeraknya perekonomian desa.

Seperti jalan desa, jembatan, pasar desa, fasilitas air bersih, sumur, embung, dan saluran irigasi.

"Tahap berikutnya, saya ingin agar alokasi dana desa digunakan lebih besar lagi untuk pengembangan potensi ekonomi desa, terutama untuk sektor pertanian, perikanan dan industri UMKM di desa," ujar dia.

Selain itu, dana desa juga harus terus didorong agar partisipasi warga untuk ikut terlibat dalam peningkatan kualitas hidup warga desa. Sekaligus ikut mengawasi penggunaan dana desa agar tepat sasaran.

"Dalam pengembangan potensi ekonomi desa, pendekatannya tidak bisa parsial, tidak boleh sektoral, tapi harus betul-betul integratif dari hulu sampai hilir," tegasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, ketimpangan antara desa dengan kota penting untuk segera diatasi. Sebab, masalah itu memicu peningkatan urbanisasi dari tahun ke tahun.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemanfaatan dana desa harus berdampak pada peningkatan produktivitas perekonomian desa, serta upaya mengatasi


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News